Sukses

Yuk, Ikut Belanja Sampah di Sungai Ciliwung

Liputan6.com, Jakarta - Belanja sampah di Sungai Ciliwung, apa maksudnya? Putri Indonesia Lingkungan 2018 Vania Fitryanti Herlambang membahas soal itu dalam video yang diunggah ke akun Instagramnya, 18 Juni 2019.

Ternyata, belanja sampah yang dimaksud adalah mengumpulkan sampah yang mengotori kawasan Ciliwung. Kegiatan tersebut dilakukannya dalam rangka persiapan menuju Bebersih Ciliwung 2019 yang akan digelar Minggu, 23 Juni 2019.

Diundang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perempuan lulusan ITB jurusan Teknik Kimia tersebut menyusuri Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet. Ia kemudian turun di beberapa titik untuk mengambil sampah yang dibuang sembarangan.

"Ini pengalaman aku pertama kali menyusuri sungai sambil belanja sampah, membersihkan sungai," ujar Vania dalam video tersebut.

Ia mengatakan selama ini Sungai Ciliwung kerap diidentikkan dengan penyebab banjir, terutama di Jakarta. Padahal, sungai tersebut nyatanya bermanfaat untuk warga yang tinggal di sekitarnya.

"Sepanjang sungai tadi, ada yang mancing, ada yang mandi, kelihatan banget kalau sungai ini tuh jadi tempat orang-orang bergantung," kata Vania.

Namun, manfaat yang diberikan Sungai Ciliwung bakal menjadi bencana bila sampah dari manusia dibiarkan begitu saja. Berdasarkan pengamatan di lapangan, Vania menyebut sampah bahkan bisa ditemukan di atas pohon yang menjulang tinggi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memecahkan Rekor MURI

Maka itu, semua orang harus menyadari dan terlibat dalam menjaga kebersihan Sungai Ciliwung. Ia menyebut akan banyak kerugian didapat orang-orang, terutama yang terkena banjir dari sungai yang tercemar sampah.

Vania pun mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan Bebersih Ciliwung 2019. Lebih dari 80 titik akan menjadi lokasi belanja sampah.

"Ini gerakan bagus banget karena melibatkan banyak komunitas dan masyarakat. Dan akan memecahkan rekor MURI, itu lebih luar biasa lagi," ujarnya.

Dalam akun Instagram Bebersih Ciliwung 2019, kegiatan tersebut diluncurkan untuk memperingati Hari Sampah Sedunia. Ada lima titik mula yang bisa didatangi, yaitu Cibinong, Cisarua, Sempur, Pancoran Mas, dan Karet Tengsin. Anda yang tertarik bisa langsung registrasi dengan membawa KTP.

"Kantor Gerakan Ciliwung Bersih, seberang TPU Karet Tengsin," jelas admin akun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.