Sukses

3 Aksi Nekat Pilot Vlogger Vincent Raditya yang Picu Izin Terbang Dicabut

Pilot Vincent Raditya baru-baru ini menanggapi pencabutan izin terbangnya sebagai pilot dari Kementerian Perhubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Vincent Raditya membuat heboh. Lelaki yang berprofesi sebagai pilot maskapai Batik Air itu ramai menjadi perbincangan akibat aksi nekatnya hingga izin terbangnya dicabut oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Soal dicabutnya izin terbang pilot yang sekaligus vlogger juga ini diketahui publik melalui Instagram Story penyanyi Lucinta Luna pada Senin, 27 Mei 2019.

Dalam unggahan Lucinta itu,  terdapat surat dari Kemenhub. Di bagian bawah, Lucinta menuliskan kalimat, "Masih mau ngajak collabs terbang naik pesawat? Ratu mah ogah, takut."

Dalam surat bernomor AU407/0047/DKPPU/V/2019 yang dibuat pada 21 Mei 2019 membeberkan alasan pencabutan izin penerbangan pilot Vincent Raditya. Surat tersebut ditandatangi atas nama Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Captain Avirianto S. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Alasan Kemenhub

Ada beberapa alasan mengapa Kemenhub mencabut izin terbang pilot Vincent Raditya, seperti dalam surat yang beredar. Berikut tiga alasan yang sangat penting yang membuat Vincent tak bisa lagi terbang.

Pertama, saat  mengoperasikan pesawat Cessna 172, Vincent  tak menggunakan tali pengikat bahu (shoulder harness). Sesuai ketentuan, pilot harus menggunakan shoulder harness, termasuk saat membawa penumpang duduk di samping pilot.

Kedua, Vincent memberikan kendali terbang pesawat Cessna 172, kepada orang yang tak berwenang. Padahal, ia bukan pemegang otorisasi Flight Instructor.

Ketiga, saat mengoperasikan pesawat Cessna 172, Vincent dengan sengaja melakukan exercise G Force (zero gravity) kepada penumpang umum. Zero Gravity bukan manuver normal dalam penerbangan sipil, karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Vincent Raditya

Lewat kanal YouTube, Vincent Raditya membenarkan jika izin terbangnya dicabut oleh Kementerian Perhubungan. Sebelumnya, banyak orang yang menanyakan tentang kebenaran kabar tersebut.

"Bahwa benar lisensi terbang saya dicabut untuk yang single engine," kata Vincent, Senin, 27 Mei 2019.

Vincent mengatakan, ia mendapat banyak simpati atas pencabutan izin terbangnya dari netizen. Meski begitu, Vincent menerima pencabutan tersebut.

"Saya menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada," ungkapnya.

"Jadi, buat para netizen sekalian nggak perlu khawatir kalaupun tanpa ada pesawat itu, saya akan terus berjuang untuk membuat konten buat kalian semua. Saya hanya berharap netizen bisa mengikuti isi dari vlog saya. Saya akan terus berusaha memberikan yang terbaik buat kalian," tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.