Sukses

5 Cara Jitu Membeli Baju Online buat Pemilik Tubuh Gemuk

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan zaman, semakin banyak pilihan gaya yang bisa diaplikasikan dalam berpakaian. Diiringi dengan mudahnya berbelanja online, tentunya berbelanja pakaian kini tak perlu repot-repot pindah toko. Cukup dengan memanfaatkan gadget, belanja pakaian bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Namun, berbelanja baju secara online terkadang membuat para calon pembeli merasa tidak yakin. Karena tidak bisa mencobanya, konsumen tidak tahu apakah pakaian tersebut akan bagus ketika dikenakan atau tidak.

Umumnya toko-toko pakaian menjual produk all size, tetapi kadang tidak muat untuk beberapa orang, terutama yang memiliki tubuh berukuran berlebih alias gemuk.

Namun, jika berbelanja secara online, pilihan pakaian sesuai yang dibutuhkan bisa dilihat dengan memasukkan kata kunci tertentu, seperti “big size” atau “plus size” dalam kolom pencarian.

Kendalanya, meski sudah memiliki tag seperti “big size” dalam nama produknya, masih ada saja pakaian yang tidak cocok dikenakan bagi yang bertubuh gemuk, seperti pakaian dengan motif besar atau memiliki layer yang banyak.

Tapi, tak perlu risau lagi, cukup simak ulasan berikut ini bagaimana cara memilih baju di belanja online buat yang bertubuh gemuk, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 5 halaman

1. Ketahui Ukuran Tubuh

Ukuran pakaian, seperti S, M, L, XL, dan lain-lain tentunya berbeda-beda tiap pakaian. Kadang, pakaian dengan ukuran XL dari merek tertentu setara dengan yang berukuran L dari merek lain.

Sebagian penjual mencantumkan detail ukuran produknya pada kolom deskripsi, seperti ukuran panjang dan lebar, atau lingkar dada – lingkar pinggang – lingkar pinggul. Untuk mengurangi kesalahan dalam memilih ukuran, pastikan telah mengetahui ukuran tubuh tersebut terlebih dahulu.

Jika penjual tidak mencantumkan detail ukuran, jangan ragu untuk menanyakannya secara langsung dengan mudah melalui fitur chat, agar tidak sampai salah memilih ukuran.

2. Perhatikan Model dan Warna

Bagi perempuan bertubuh plus, terdapat beberapa pakaian dengan model tertentu yang akan terlihat bagus di badan ketika dikenakan. Dengan mengetahui beberapa modelnya, tentu makin mudah untuk memilih pakaian yang cocok.

Pakaian one piece maupun two piece polos dengan warna gelap dapat dimanfaatkan dalam segala situasi, dan memberikan kesan lebih ramping. Warna-warna seperti navy, merah maroon, dan hijau emerald juga bisa menambah kesan elegan.

Pilihlah pakaian yang sederhana. Aksen seperti rumbai-rumbai dan ruffle memang bisa membuat pakaian terlihat lebih bagus. Namun bagi perempuan bertubuh berlebih, lebih baik menghindari aksen tersebut karena hanya akan menambah kesan gemuk.

Pilihlah bawahan berwarna gelap berupa rok sepan atau celana dengan model lurus yang tidak ketat, agar tidak membentuk kaki. Selain itu, bawahan berwarna gelap sangat cocok karena umumnya bagian pinggul ke bawah dari perempuan dengan tubuh gemuk lebih besar daripada bagian atas tubuh.

Bawahan dengan warna gelap juga dapat menolong penampilan jika ingin mengenakan atasan dengan warna yang terang.

3 dari 5 halaman

3. Pilih Motif Tertentu

Jika memilih pakaian dengan motif besar agar bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian, justru itu adalah sebuah kesalahan. Pilihlah pakaian dengan motif kecil yang manis, seperti bunga, atau pola sederhana.

Untuk pakaian dengan motif garis, pilihlah yang bergaris vertikal atau diagonal. Jangan pernah memilih pakaian dengan garis horizontal, karena akan semakin menegaskan kesan gemuk.

4. Atasan Lengan Panjang dan Menutupi Paha

Ketika ingin membeli kemeja atau blouse, pilihlah yang berlengan panjang agar bisa menutupi lengan, sehingga tidak terlihat gemuk. Selain itu, sebisa mungkin pilih yang panjangnya melebihi paha agar bisa menutupinya.

Pastikan juga untuk tidak memilih atasan oversize, karena bisa membuat badan terlihat lebih gemuk. Pilihan lain untuk menutupi lengan adalah memilih atasan dengan model cape.

Keuntungan lain dari pakaian dengan model cape adalah dapat dikenakan dalam situasi formal maupun santai. Sehingga akan lebih efisien karena banyak fungsi.

Outer seperti coat atau cardigan panjang juga dapat menyamarkan tubuh gemuk, karena menutupi lengan, paha, dan sebagian betis. Selain menyamarkan tubuh gemuk, pakaian tersebut dapat membuat tubuh terlihat lebih ramping.

4 dari 5 halaman

5. Pilih Bahan yang Lembut dan Jatuh

Pakaian dengan bahan yang jatuh cocok bagi perempuan dengan tubuh gemuk, karena tidak mencetak tubuh, membuat tubuh terlihat lebih langsing, dan terlihat sangat nyaman dikenakan. Pilih bahan yang lembut dan jatuh serta ringan, seperti kain sifon dan crepe.

6. Percaya Diri adalah Modal Utama dalam Berpakaian

Itulah beberapa tips cara memilih pakaian di toko online untuk wanita bertubuh gemuk. Setelah mengetahui tipsnya, tentunya memilih pakaian yang cocok dari toko-toko online tidak lagi menjadi hal yang sulit.

Selain memahami tips-tips tersebut, para perempuan dengan tubuh plus juga harus percaya diri dan memiliki rasa cinta pada diri sendiri. Bahkan jangan sampai merasa “kalah” dengan orang lain karena pada dasarnya semua perempuan cantik dengan caranya masing-masing.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Suka Belanja Online, Apa Saja yang Dibeli Cinta Laura?
Artikel Selanjutnya
9 Cara Memoles Rumah Kecil agar Tampak Luas