Sukses

Jenis Pomade Beserta Fungsinya, Pilih yang Sesuai dengan Jenis Rambutmu

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya fashion, tren penataan rambut pria pun berubah seiring berjalannya waktu. Bagaimanapun, pria juga memikirkan penataan rambut yang sesuai dengan tren, gaya hidup serta karakter mereka agar bisa tampil menarik.

Setiap orang pasti memiliki caranya berpenampilan masing-masing. Nah, persoalan penampilan, tak hanya perempuan yang selalu sibuk dan detail dalam menatanya sebaik mungkin. Laki-laki juga ternyata tak mau kalah dengan kaum Hawa khusus persoalan penampilan ini. Khususnya pada bagian rambut. Ternyata para lelaki bisa sama ribetnya dengan perempuan untuk persoalan ini.

Soal penampilan rambut, para lelaki diam-diam juga mengikuti tren rambut yang sedang hits dan populer, loh. Apalagi pada saat tren rambut klimis dengan hasil sisir yang rapi, yang pernah booming pada beberapa waktu lalu. Seakan-akan para lelaki ingin mencoba tren model rambut kekinian tersebut.

Tahu nggak sih, ternyata tren rambut klimis dan rapi pada waktu itu berkat pomade. Dilansir dari Cool Men’s, pomade merupakan suatu produk kosmetik laki-laki yang digunakan untuk membentuk rambut. Istilah pomade sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu pomum yang berarti apel.

Pomade sendiri merupakan varian dari minyak rambut bagi kaum laki-laki. Mereka yang menggunakan pomade biasanya digunakan oleh kalangan anak muda yang senang bergaya.

Berkat ketenarannya, banyak pomade yang dijual di barber shop ataupun toko online. Nah, untuk lebih jauh membahas tentang pomade, kali ini Liputan6.com, Senin (18/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber, tentang pomade, jenis pomade serta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mengenal Pomade

Pada awal mulanya, bahan dasar pomade memang berasal dari buah apel yang dihancurkan dan digunakan sebagai salep untuk rambut. Kemudian pada abad 19, bahan dasar pomade biasanya merupakan minyak beruang. Di awal abad ke 20, sudah mulai banyak pomade yang diciptakan dengan bahan dasar minyak.

Pada era inilah mulai banyak perusahaan pomade seperti Murray’s, Brylcream dan Royal Crown Hair Dressing muncul. Pada saat ini pun produk dari merk-merk tersebut masih dapat dengan mudah dijumpai.

Pada awalnya, pomade hanya digunakan oleh kalangan bangsawan di abad ke 18. Seiring dengan berjalannya waktu, kalangan pengguna pomade menjadi semakin luas. Kejayaan pomade baru pun dimulai pada dekade 1950-an. Ketika itu gaya rambut yang sedang tren adalah pompadous seperti yang digunakan oleh James Dean dan Elvis Presley. Nah, tren penggunaan pomade mengalami penurunan semenjak tahun 1960-an, hingga akhirnya kini menjadi tren lagi dan banyak digunakan oleh orang-orang. Kembali berjaya, saat ini pomade banyak digunakan kembali oleh para pecinta style kekinian.

3 dari 4 halaman

Jenis Pomade

Pomade memang memberikan hasil yang ciamik untuk rambut Anda. Kesan klimis dan rapih akan anda dapatkan setelah menggunakan pomade. Namun perlu diketahui, kalau ternyata Anda perlu ketahui jenis pomade yang sesuai dengan rambut, loh.

Ya, kalau Anda salah dalam memilih jenis pomade, maka yang terjadi adalah gaya rambut yang diinginkan tak akan sesuai dengan ekpektasi. Oleh karena itu, sebelum membeli dan menggunakan pomade, Anda perlu mengenali lebih jauh dulu jenis pomade yang cocok untuk rambut Anda.

Berikut beberapa jenis pomade yang perlu Anda ketahui sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber.

Pomade Berbahan Dasar Minyak

Jenis pomade ini berbahan dasar minyak. Kalau Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya melapisi rambut dengan pomade ini. Gunanya untuk mempertahankan tatanan rambut agar lebih tahan lama. Soalnya, cuaca di luar ruangan rawan menghasilkan keringat. Pomade yang berbahan dasar minyak ini mampu membuat tatanan rambut tetap bertahan meski kepala berkeringat, bahkan saat hujan sekalipun.

Terdapat kelebihan serta kekurangan pada pomade ini. Kelemahannya adalah rambut jadi sulit dibersihkan, sehingga harus mengulang pemberian shampoo beberapa kali saat keramas. Anda perlu mengulanginya sampai rasa lengket dan berminyak hilang atau berkurang. Kalau Anda merasa repot dengan pomade jenis ini, saat ini sudah ada Water Based Pomade atau pomade dengan bahan dasar air.

Kalau Anda memiliki jenis rambut yang susah diatur, rambut panjang, dan rambut yang tebal bisa diatur dengan menggunakan pomade jenis ini.

4 dari 4 halaman

Pomade yang sesuai dengan jenis rambut

Pomade Berbahan Dasar Air

Pomade water based merupakan jenis pomade yang memiliki bahan dasar air. Nah, bahan air pada pomade tidak memiliki kekuatan seperti jenis pomade oil based. Namun, yang menjadi keunggulan dari jenis pomade ini adalah lebih mengkilap dibandingkan dengan pomade lainnya.

Kelebihannya, jenis pomade ini lebih mudah dibersihkan dan Anda hanya perlu keramas satu kali saja. Namun kekurangannya, pomade jenis ini memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan oil based. Jadi saat kepala Anda berkeringat atau terkena hujan, pomade bisa luntur dan rambut akan kembali seperti semula.

Jenis pomade ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya untuk nongkrong, kuliah, dan kegiatan sejenis lainnya. Kalau Anda memiliki jenis rambut yang panjang atau tebal, tidak disarankan untuk menggunakan pomade jenis ini.

Pomade Berbahan Dasar Campuran Air dan Minyak

Pomade mix based merupakan jenis pomade yang memiliki bahan dasar campiran antara minyak dan air. Pomade ini memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis water based, dan lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis oil based.

Pomade jenis ini memberikan hasil yang tidak terlalu berkilau. Namun jenis pomade ini akan memberikan kesan yang lebih alami dibandingkan dengan jenis pomade lainnya. Kalau Anda memiliki kegiatan yang tak terlalu berat, jenis pomade ini sangat direkomendasikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.