Sukses

Jenis Anggrek yang Memesona Cocok Bagi Para Pecinta Tanaman Hias

Indonesia memiliki cukup banyak jenis anggrek.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta tanaman hias, ada banyak tanaman populer yang bisa menjadi pilihan tanaman hias. Memiliki hobi mengoleksi tanaman hias bisa menjadi salah satu hiburan bagi sebagian orang. Beberapa orang mengoleksi tanaman hias karena dilihat dari keindahannya dan bisa juga dari harganya.

Salah satu tanaman hias yang populer di kalangan pecinta tanaman hias adalah tanaman bunga anggrek. Bunga ini sangat mudah ditemukan dan familiar bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Banyak orang yang menanam berbagai jenis anggrek di pekarangan rumahnya. Selain banyak jenis anggrek yang bisa jadi tanaman hias, cara merawat bunga ini pun cukup mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bunga anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang mempunyai bentuk, warna dan pesona yang indah. Tak heran jika banyak masyarakat yang memiliki tanaman hias satu ini. Tak hanya satu, ternyata di Indonesia memiliki cukup banyak jenis anggrek yang bisa dikenali saat ini.

Memiliki nama latin Orchidaceae yang memiliki arti anggrek bunga yang memiliki jenis paling banyak. Bahkan jenis anggrek tersebar luas hampir di seluruh kawasan tropis basah hingga ke wilayah Sirkumpolar. Bunga anggrek adalah salah satu tanaman hias yang sifat hidupnya menumpang. Walaupun beberapa jenis anggrek lain bisa hidup langsung di tanah.

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis anggrek

Dilansir Liputan6.com, Jumat (15/3/2019) berikut beberapa jenis anggrek yang bisa jadi pilihanmu jika ingin merawat tanaman hias yang indah ini. Berhasil dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis anggrek, antara lain:

1. Anggrek Oncidium

Jenis anggrek ini tersebar di kawasan Florida Selatan hingga ke kawasan Amerika Selatan. Jenis anggrek ini biasanya tumbuh di daerah kering.

2. Anggrek Selop

Jenis anggrek ini banyak dijumpai di Indonesia terutama di kawasan Jawa Timur karena di sana jenis anggrek ini merupakan tanaman endemik. Jenis anggrek ini memiliki 4 helai kelopak dan 1 labellum. Anggrek selop memiliki semacam kantung didekat kelopak bunganya.

3. Anggrek Bulan

Bagi para pecinta tanaman hias pasti tak asing lagi dengan jenis anggrek ini. Anggrek bulan atau sebutan ilmiahnya Phalaenopsis amabilis ini biasanya diletakkan di dalam ruangan karena tak bisa terkena cahaya matahari langsung.

Jika diletakkan di dalam ruangan, anggrek ini mengeluarkan aroma harum dan bisa bertahan mekar lebih lama dari jenis anggrek lainnya. Anggrek Bulan dijadikan simbol bunga bangsa dengan sebutan Puspa Pesona.

4. Anggrek Violet

Jenis anggrek ini sangat indah karena bentuk bunganya yang kecil dan memiliki warna violet yang pekat namun memesona. Anggrek violet juga mengeluarkan aroma yang sangat harum. Tak heran jika kamu bisa banyak menjumpai jenis anggrek ini di pekarangan rumah.

5. Anggrek Dendrobium

Anggrek dendrobium mungkin bisa menjadi jenis anggrek tercantik. Anggrek ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Kelopak anggrek ini memiliki warna gradasi yang indah dan bunganya yang kecil menambah kecantikannya. Jenis anggrek ini tersebar hampir di seluruh kawasan hutan tropis di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Jenis Anggrek Cantik

 

6. Anggrek Vanda

Tak kalah cantik dengan anggrek dendrobium, jenis anggrek yang memiliki kelopak bunga indah adalah anggrek vanda. Keindahan anggrek vanda bahkan sudah terkenal hingga luar negeri. Habitat asli anggrek vanda ada di Sumatra, Jawa bahkan hingga Papua.

7. Anggrek Cattleya

Anggrek cattleya memiliki sebutan sebagai Queen of Orchid. Hal ini karena jenis anggrek cattleya memiliki perkembangbiakan bunga yang bagus. Jenis anggrek ini bersifat epifit.

Tanaman anggrek cattleya tidak bisa selalu terkena sinar matahari. Umumnya ia hanya membutuhkan sinar matahari selama 4 jam. Kamu bisa perhatikan dari perubahan warna daunnya. Jika gelap maka ia kekurangan sinar matahari, begitu sebaliknya.

8. Anggrek Tebu

Anggrek tebu memiliki nama lain anggrek macan. Hal ini disematkan oleh masyarakat Indonesia karena warna kelopak dari enggrek ini memiliki corak belang seperti macan. Jenis anggrek ini memiliki ketahanan hidup baik sama seperti anggrek bulan. Anggrek tebu biasanya menjadi tanman hias yang digantung di pot atau sebagai hiasan di dinding.

9. Anggrek Jamrud

Memiliki nama latin Dendrobium macrophyllum, anggrek jamrud menjadi salah satu jenis angggrek yang banyak digemari masyarakat. Jenis anggrek ini merupakan spesies bunga yang berasal dari Indonesia dan tersebar di beberapa negara sekitar seperti Filipina, Papua Nugini dan beberapa pulau yang tersebar di Pasifik Barat.

10. Anggrek hitam

Jika kamu kerap melihat anggrek memiliki warna ungu, kuning atau oranye, sebenarnya ada jenis anggrek dengan warna yang unik, yaitu anggrek hitam. Diberi nama anggrek hitam karena bunga anggrek ini memiliki warna kelopak yang hitam. Jenis anggrek ini tumbuh di Kalimantan dan Sumatra.

Demikian beberapa contoh jenis anggrek yang bisa jadi referensimu jika ingin memiliki tanaman hias di rumah. Bunga anggrek adalah salah satu tanaman hias yang cocok untuk menambah cantik pekarangan rumah atau hiasan didalam ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.