Sukses

Durian, Buah yang Digemari 4 Presiden Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Durian jadi buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali dengan presiden. Mulai dari Soekarno hingga Jokowi menyukai durian.

Buah duri ini tak hanya diminati dari dalam negeri, tapi juga diminati di luar negeri. Indonesia memiliki banyak varietas durian dan musim panen sejak November 2018 hingga Maret 2019.

Beberapa durian yang menjadi andalan di antaranya adalah durian pelangi dari Papua, durian merah dari Banyuwangi, durian petruk dari Kalimantan Barat, durian bawor dari Banyumas, dan durian madu racun dari Solo.

Soekarno

Soekarno dikenal memiliki hobi berat makan durian. Guntur Soekarnoputra menceritakan dalam buku, Bung Karno, Bapakku, Kawanku, dan Guruku menceritakan jika Soekarno sangat menyukai durian. Salah satunya durian Ajimah.

Dunia ini dikenal dengan nama Durian Bung Karno atau Durian Sukarno karena durian jenis karena sangat digemari oleh presiden pertama Indonesia.

Kepada Guntur, Soekarno sempat mengajarkan cara memilih durian. Pertama, periksa tangkainya. Kedua, lihat duri-durinya, dan ketiga, cium baunya. Jika ketiga-tiganya baik, maka durian tersebut bagus.

2 dari 4 halaman

KH Abdurrahman Wahid

KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur juga menyukai durian. Cerita yang paling terkenal soal durian yaitu tentang Presiden Indonesia ke-4 ini mendapat undangan sebuah acara di kota Malang, Jawa Timur. Sebelum tiba, ia mampir ke kota Batu.

Di tengah perjalanan, ia minta berhenti ketika terdapat seorang penjual durian. Ia membeli dua buah, tetapi anehnya, sang pedagang diberinya uang segepok. Cerita itu sempat ramai dibicarakan.

3 dari 4 halaman

Susilo Bambang Yudhoyono

Sementara itu, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono juga menyukai durian. Salah satunya saat berkunjung ke Romansa Kuliner Purworejo pada 28 Oktober 2018 lalu. Ia memuji kelezatan durian Purworejo itu.

4 dari 4 halaman

Joko Widodo

Selain Presiden Soekarno, Presiden Jokowi juga suka dengan durian. Dalam beberapa kesempatan Presiden Indonesia ke-7 ini sempat membeli durian.

Salah satunya, ia sempat makan durian Ucok bersama ibu dan anak. Jokowi sempat membeli durian saat melewati penjual durian di Biing, Desa Mandiangan, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan. Tak hanya itu, saat Iriana berulang tahun, Jokowi memberikan hadiah kado durian seharga Rp 256 ribu.

Saksikan video di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hotel di Malaysia Ciptakan Ruang Durian untuk Para Tamu
Artikel Selanjutnya
Gara-Gara Bau Durian di Kabin, Pesawat Boeing 767 Mendarat Darurat