Sukses

Ternyata 5 Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

Tak hanya sebagai hiasan, tetapi lima bunga berikut ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Bunga selama ini kerap digunakan sebagai hiasan dalam berbagai acara hingga untuk mempercantik rumah. Tapi tahukah Anda, ternyata ada beberapa bunga yang juga mempunyai manfaat baik untuk kesehatan.

Meski tak semua bunga berkhasiat bila dimakan, namun ada pula yang dapat dijadikan untuk pengobatan dari luar. Sebut saja kembang telang biru, di mana air rendamannya bisa dipakai menjernihkan mata.

Lalu, bunga-bunga apa saja yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda? Simak ulasan selengkapnya seperti dirangkum dari Fimela.com di bawah ini.

1. Mawar

Bunga yang kerap disebut sebagai lambang cinta ini baik untuk dikonsumsi. Bukan tanpa alasan, tetapi mawar mengandung zat sitrat, sitronelol, nonilaldehida, geraniol linalol, eugenol, dan nerol.

Selain untuk kecantikan, mawar yang dikonsumsi dapat memperlancar haid, untuk mengobati keputihan, campak, radang usus, rematik, sakit kepala, serta kesehatan kulit lainnya.

2. Melati

Bunga melati tak hanya wangi tetapi memiliki sederet khasiat untuk kesehatan tubuh. Sebut saja mengurangi sesak napas, jerawat, sakit kepala, radang usus, mata bengkak, hingga radang ginjal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bunga Matahari

Bunga Matahari mengandung quercimeritrin, asam echinocystat, asam oleanolat, prostaglandin E, helianthoside, asam chlorogenic, lemak dan asam quinat. Bunga ini biasanya dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, sakit gigi, kanker lambung, sakit kepala, nyeri lambung dan payudara, hingga nyeri saat haid.

4. Kembang Sepatu

Kembang sepatu mengandung cyanidin diglucoside, teraxeryl acetat, hibisetin, lendir, dan zat pahit. Ternyata, bunga ini diyakini ampuh untuk mengobati batuk, demam malaria, TBC, gondongan, keputihan, mimisan, radang usus, sariawan, hingga melancarkan haid.

5. Kamboja

Bunga kamboja sering digunakan leluhur untuk menurunkan panas dan obat batuk. Sedangkan itu, bunga ini juga dapat sebagai peluruh kencing hingga pelancar BAB. (Ega Maharni/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.