Sukses

5 Curug yang Harus Dikunjungi Saat Liburan Panjang

Long weekend kamu sempit? Kunjungi saja curug cantik di Jawa Barat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika mencari tanggal merah di kalender yang baru ini, Anda pasti mencari tanggal-tanggal untuk long weekend. Sayangnya, liburan panjang cenderung membuat Anda sulit untuk menemukan destinasi wisata terdekat yang bisa Anda kunjungi. 

Jangan khawatir, Anda bisa berlibur di sekitar Jawa Barat. Apalagi di provinsi Pasundan ini, banyak sekali air terjun yang bisa Anda kunjungi lengkap dengan keindahannya. Dalam bahasa Sunda, air terjun seringkali diistilahkan dengan kata curug. Dilansir dari laman wisata knoji.com, ini dia 5 curug terbaik di Jawa Barat.

1. Curug Cimahi, Bandung

Terletak 20 kilometer dari ibukota Jawa Barat, air terjun di Curug Cimahi ini turun dari ketinggian 80 meter. Hutan yang rimbun dan alami mengelilingi air terjun tersebut selebar dua hektar lebih.

Untuk mencapainya, pengunjung harus mendaki beberapa anak tangga berbatu, sehingga mereka harus hati-hati bila hendak mengunjungi curug ini ketika musim hujan karena tangganya licin.

2. Curug Dago, Bandung

Selain Curug Cimahi, Bandung juga punya Curug Dago yang terletak di dekat Hutan Dago Pakar. Sayangnya, curug ini kurang populer karena sulitnya jalan untuk menembus ke sana.

Air terjunnya berhulu dari Sungai Cikapundung dan terjun setinggi 10 meter. Di sekelilingnya, terdapat banyak danau dan gua yang menambah kesan alami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Curug di Luar Bandung

3. Curug Cibereum, Cianjur

Curug ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, salah satu kekayaan UNESCO. Dari Jakarta, anda cukup menempuh 100 km ke Cianjur melalui jalur Puncak.

Tak hanya curugnya,pengunjung juga disuguhi dengan atmosfer alam seperti hutan hujan, sungai yang indah, dan pemandangan dua gunung berapi, yakni Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

4. Curug Sindulang, Sumedang

Curug ini berlokasi di Desa Cinulang. Letaknya tidak terlalu jauh dari Bandung, hanya memakan jarak 38 kilometer dari arah timur Bandung. Untuk mencapainya, pengunjung bisa mengendarai kendaraannya atau berjalan sejauh tiga kilometer dari pintu masuk, kemudian mendaki beberapa tangga berbatu curam.

5. Curug Neglasari, Garut

Curug ini terletak di kawasan hutan hujan Gunung Gelap, yang berlokasi di Garut. Air terjunnya mengalir setinggi 50 meter. Curug ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau melanda. Pengunjung bisa menikmati curug ini setelah tiga jam berkendara di Garut dan berjalan satu kilometer dari pintu masuk melalui perkebunan teh hijau. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.