Sukses

Korban Tsunami Selat Sunda Terbanyak Ada di Kawasan 5 Pantai Ini

Pantai Tanjung Lesung termasuk kawasan wisata yang terdampak parah akibat tsunami yang terjadi di Selat Sunda.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah korban dan kerusakan akibat tsunami yang menerjang wilayah pantai di Selat Sunda terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB hingga Minggu, 23 Desember 2018 pukul 16.00 WIB tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang hilang.

Kerusakan material meliputi 556 unit rumah rusak, 9 unit hotel rusak berat, 60 warung kuliner rusak, 350 kapal dan perahu rusak. Korban dan kerusakan ini meliputi di 4 kabupaten terdampak yaitu di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan dan Tanggamus. Jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah karena belum semua korban berhasil dievakuasi.

Daerah yang terdampak berada di 10 kecamatan. Lokasi yang banyak ditemukan korban adalah di Hotel Mutiara Carita Cottage, Hotel Tanjung Lesung dan Kampung Sambolo. Dilansir dari laporan BNPB, ada lima kawasan Pantai yang paling banyak terdapat korban tsunami.

Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung berada di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang ini Kawasan wisata ini termasuk yang terdampak parah akibat tsunami yang terjadi di Banten.

Gelombang di kawasan ini kembali naik hingga empat meter sehingga evakuasi korban tsunami dihentikan karena sangat membahayakan petugas di lapangan.Selama ini Pantai Tanjung Lesung dikenal sebagai destinasi surfing yang seru, tempat renang menenangkan, dan memiliki hamparan pasir putih menawan.

Pantai Sumur

Pantai indah bertebaran di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, barat daya Banten. Pantai di sini jauh dari hiruk-pikuk kota, wisatawan bisa berenang, menyelam, memancing, bahkan menanam terumbu karang.

Pasir halus dengan pantai bersih membuat banyak wisatawan mereka semakin nyaman saat berada di Pantai Sumur yang belum terlalu banyak diekspos ini dan akhirnya terkena dampak tsunami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai Carita

Pantai yang berlokasi di Jalan Raya Labuan KM 10, Banten ini dalam situasi normal, selalu menjadi destinasi wajib saat liburan. Carita menawarkan panorama laut yang sangat indah terutama saat matahari tenggelam. Bukan hanya pantai, tapi juga menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa.

Penginapan di kawasan pantai Carita yang punya fasilitas cukup lengkap, sering digunakan untuk tempat pertemuan, gathering, acara tahunan maupun liburan tahunan sejumlah perusahaan dari berbagai daerah terutama Jakarta.

Pantai Teluk Lada

Pantai Teluk Lada berlokais di Pandeglang dan tak jauh dari kawasan wisata Ujung Kulon. Pantai pasir putih dan keindahan taman di sepanjang pesisir barat sampai selatan Pandeglang membuat tempat ini banyak disukai wisatawan.

Selain Teluk Lada, ada beberapa kawasan wisata lain seperti Pulau Umang yang sering digunakan untuk olahraa air atau snorkeling di Pulau Liwungan. air di kawasan resort Pulau Umang.

Pantai Panimbang

Pantai Panimbang mempunyai pesona keindahan yang sayang buat dilewatkan. Berada di kawasan Pandeglang, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang menawan. Pantai ini berdekatan dengan kawasan wisata Tanjung Lesung yang tak kalah menawan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.