Sukses

Rajin Beramal, Jackie Chan Ingin Wariskan Hartanya untuk Kemanusiaan

Jackie Chan yang dikenal dermawan berencana mewariskan harta kekayaannya untuk kemanusiaan.

Liputan6.com, Jakarta - Reputasi Jackie Chan di dunia film terutama sebagai aktor laga sudah tak diragukan lagi. Tak hanya di Asia, bintang asal Hong Kong ini juga dikenal luas di seluruh dunia, termasuk di Hollywood.

Ada satu lagi reputasi Jackie yang juga sudah mendunia, yaitu seorang dermawan. Jackie Chan memang termasuk selebritas yang bukan saja rendah hati tapi juga murah hati karena rajin memberikan sumbangan.

Seperti dilansir dari Social Work Helper dan laman Jackie Chan Charity, memang hanya ada dua yayasan yang didirikan oleh pria berusia 64 tahun tersebut yaitu Jackie Chan Charitable Foundation dan Dragon’s Heart Foundation. Meski begitu, Jackie Chan adalah penyumbang tetap di sejumlah yayasan maupun organisasi lainnya.

Misalnya saja di UNICEF dan Kids Wish Network yang khusus mengumpulkan bantuan atau sumbangan untuk anak-anak. Sampai Oktober 2018, Jackie Chan setidaknya menjadi penyumbang tetap di 22 yayasan, organisasi maupun badan amal di berbagai negara.

Aktor yang melakukan sendiri adegan-adegan berbahaya di semua filmnya ini juga menjadi duta bagi badan urusan anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yaitu UNICEF.

Ia juga aktif di bidang perlindungan hewan lewat Jackie Chan Charitable Foundation, yang juga mendukung pendidikan dan membantu korban bencana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjun Langsung ke Lapangan

Sedangkan Dragon's Heart Foundation didirikan untuk membantu anak-anak, orang lanjut usia, dan orang-orang yang mempunyai kelainan fisik di daerah-daerah miskin dan terpencil di Tiongkok.

Proyek utama yayasan ini adalah membangun sekolah di sejumlah daerah terisolasi. Tak sekedar mengawasi proyek ini, Jackie Chan juga terjun langsung ke lapangan dengan banyak melakukan kunjungan ke daerah miskin dan terpencil.

Jackie Chan dan Dragon's Heart Foundation mengusung gagasan kalau semua anak berhak mendapat pendidikan. Banyak sekolah, gereja, dan kelompok lain di seluruh dunia telah membantu yayasan ini. 

Menariknya lagi, Jackie Chan pernah mengatakan tidak akan mewariskan harta kekayaannya pada anaknya, tapi untuk kemanusiaan. Menurut Jackie, anaknya bisa mencari uang sendiri dan banyak orang kurang mampu yang lebih membutuhkan bantuannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.