Sukses

Nonton British Circus yang Jenaka dan Atraktif di Tangerang

Liputan6.com, Jakarta – Liburan akhir pekan sepertinya membuat warga Tangerang dan Jakarta tidak perlu bermacet ria keluar kota. Sebab, ada pertunjukan sirkus sekaliber internasional yang akan mempertontonkan kebolehannya sampai 4 Desember mendatang.

Berlokasi di depan pemukiman elit Greenwich BSD City, Kabupaten Tangerang, tenda merah besar mentereng, memancing perhatian khalayak ramai. Tulisan 'Great British Circus' terpampang besar di depan tenda merah khas sirkus internasional itu. Menurut promotor acara, Ashley, sekali pentas dengan durasi 90 sampai 125 menit itu, bisa menyedot penonton hingga seribu orang.

Dengan harga tiket yang bervariasi, mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 350 ribu. Semakin mahal harga yang dibeli, semakin dekat tempat duduknya dengan sekitar 30-an penampil akrobatik asli asal Inggris itu.  Tapi tenang, untuk menikmati pertunjukan sirkus sekelas internasional di bangku lainnya, juga sangat memuaskan.

Sebab, area sirkus yang tidak terlalu besar, dengan fasilitas sound yang menggelegar, membuat penontonnya lebih intim dengan pertunjukan. Setelah penonton membeli tiket, punggung lengan kiri akan diberi cap sesuai kursi yang dibeli. Hal itu untuk mempermudah petugas mengarahkan kursi yang akan ditempati.

Namun, bila ingin sekedar membeli cemilan atau minuman, di depan area sirkus juga dibuka berbagai booth makanan dengan harga bervariasi. Pertunjukan sirkus dibuka dengan nyanyian merdu wanita cantik yang kemudian dialah yang akan mengawal atraksi demi atraksi.

"Lagu-lagu yang dibawakan mulai dari paling lawas yang tiap pertunjukan sirkus jaman dulu 'show man' sampai lagu kekinian, dibawakan dan jadi backsound pertunjukan," ungkap Ashley. Penonton pun dibuat kagum, bertepuk tangan, bersorak, sampai dibuat tertawa disetiap pertunjukannya.

Bila diikuti, show berdurasi 1,5 jam lebih ini, dibagi menjadi tiga babak. Masing-masing show berdurasi 10-20 menit, tergantung banyaknya tantangan yang dibawakan. Sebut saja seperti Wheel of Stunt, Trafeze, Hulla Aerial, Hair Aerial, Rollabolla, dan masih banyak lagi yang menghidupkan suasana pertunjukan. Crazy Globe atau empat pemotor yang ngebut di dalam ruangan berbentuk bola, menjadi penutup dalam atraksi sirkus tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Hiburan Dekat Rumah

Bahkan, atraksi hewan yang selama ini sudah dilarang dalam dunia internasional untuk pertunjukan sirkus, mereka menyiasatinya dengan berkoatum harimau, unta dan beruang kutub. Tentu dengan jalan cerita jenaka yang mengiringinya.

"Kami berusaha menghibur penonton yang hadir. Dan sejauh ini, kursi selalu penuh, penonton keluar pun dengan puas dan ketawa," ujar Ashley.  Hal tersebut juga diungkapkan salah seorang penonton, Sarah. Dia mengaku senang ada pertunjukan sirkus internasional yang bisa diaksesnya dekat dengan rumah.

" Kebetulan rumah di daerah Kelapa Dua, tinggal 10 menit berkendara, dan sampai. Memang mahal, tapi setimpal lah dengan hiburan yang didapat," katanya.  Karena itu, dia membawa serta anak dan ibunya untuk menonton pertunjukan sirkus tersebut.

"Anak saya yang pertama paling suka saat pertunjukan akrobat, seperti orang berayun di atas, loncat sana sini. Apalagi pemain sirkusnya disisipin gimmick lelucon kan, segala pakai kostum Superman," kata Sarah seraya tertawa.  (Pramita Tristiawati)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
The Great 50 Show, Atraksi Sirkus yang Wajib Didatangi Desember Nanti
Artikel Selanjutnya
Detik-Detik Mendebarkan Singa Sirkus Cakar Balita Perempuan