Sukses

Cara Membuat Mie Ramen dengan Mie Instan, Mudah dan Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal mie ramen? Mie yang identik dengan negara Jepang ini menjadi mie paling disukai dan menjadi favorit di seluruh dunia. Namun dilihat dari sejarahnya mie ramen sebenarnya berasal dari negeri tirai bambu China lho. Ya, mie ramen berasal dari China. Orang Jepang biasa menyebut mie ramen dengan sebutan ‘Chuka Soba’ yang berarti ‘Soba dari Tiongkok’ atau ‘Shina Soba’ yang berarti ‘Soba Cina’.

Menurut catatan sejarah, Tokugawa Mitsukuni (Mito Komon) sering disebut sebagai orang pertama yang mencicipi menu mie ramen ini. Sedangkan untuk pembuat menu ini sendiri diketahui adalah seorang Konghucu yang sedang melakukan pengasingan saat jaman Dinasti Ming, di mana saat itu ia diundang ke Domain Mito untuk membuatkan makanan lezat bagi Mito Komon. 

Ramen sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala. Pada jaman dahulu, ramen sudah masuk ke dalam daftar menu makan di kawasan Permukiman Tionghoa, tepatnya di daerah Kobe dan Yokohama.

Selain itu, para ahli sejarah juga berpendapat bahwa para penjual mie di Hokkaido juga telah menjual menu mie ramen satu ini sejak lama. Hingga sekarang, mie ramen telah dikenal luas oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk salah satunya di Indonesia ini sendiri.

Meskipun catatan sejarah mengatakan mie ramen berasal dari China, tetapi menu tersebut berkembang pesat di Jepang. Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang ini terdapat banyak sekali varian mie ramen khas Jepang. Adapun macam-macam jenis ramen tersebut antara lain seperti shoyu ramen, asahikawa ramen, hakodate ramen, kitakata ramen, banshu ramen, dan masih banyak lagi. Tercatat ada lebih dari 30 varian ramen di Jepang yang populer.

Mie ramen sudah cukup populer sekali di Jepang dan China, bahkan di Indonesia pula. Kamu pasti sering kan menemukan menu mie ramen dengan mudah di restoran-restoran besar, khususnya resto yang bernafaskan kuliner Jepang ataupun China. Namun biasanya ramen di restoran tersebut dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Maka dari itu, belakangan ini banyak juga muncul kedai ramen di pinggir jalan yang menawarkan aneka menu ramen dengan harga yang terjangkau.

Tapi jangan khawatir, kamu juga bisa kok membuat mie ramen sendiri di rumah. Dan nggak usah bingung kalau kamu cuma punya mie instan di rumah. Dengan mie instan, kamu tetap bisa menikmati kuliner lezat ini. Penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Berikut cara membuat mie ramen dengan mie instan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/11/2018).

2 dari 3 halaman

Bahan cara membuat mie ramen:

- Mie instan rasa kari ayam

- 1 butir telur rebus, belah dua

- Sawi hijau secukupnya, cuci, iris

- 2 buah udang ukuran sedang

- Cabai bubuk secukupnya, sesuaikan dengan selera pedas

- Seujung sendok teh tepung maizena

- Irisan daun bawang secukupnya

3 dari 3 halaman

Cara membuat mie ramen:

1. Rebus udang hingga warnanya berubah dan matang. Angkat udang, sisihkan.

2. Rebus mie instan seperti biasa. Tambahkan sawi hijau.

3. Tambahkan bubuk cabai jika Anda ingin rasa yang lebih pedas.

4. Jika kamu ingin kuah mie lebih kental, larutkan maizena dengan sedikit air, campur ke dalam kuah mie yang sedang direbus. Aduk hingga kuah mengental, angkat mie.

5. Tuang mie di atas mangkuk.

6. Susun bagian atas dengan irisan telur rebus, udang dan taburan daun bawang.

7. Ramen ala mie instan siap disajikan.