Sukses

Cara Membuat Onion Ring Crispy, Mudah dan Bikin Nagih dalam Satu Gigitan

Liputan6.com, Jakarta Bawang bombay atau bawang bombai (Latin : Anilium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan dan seringkali dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan yang memiliki bentuk bulat besar dan berdaging tebal.

Bawang bombai ini biasanya digunakan untuk bumbu masak makanan di Indonesia. Tak hanya itu bawang bombay yang dibawa oleh pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai) di India ke Indonesia ini juga sering digunakan sebagai hiasan masakan.

Pada umumnya bawang bombay ini masuk ke dalam masakan tumisan, aneka saus, sup dan gorengan. Misalnya sebagai bumbu untuk membuat saus asam pedas, sup ayam, tumis sayur, sapo tahu atau digoreng dengan tepung berbumbu yang terkenal dengan sebutan onion ring. Bawang bombay goreng atau onion ring ini banyak disajikan di restoran cepat saji seperti KFC dan McD.

Biasanya onion ring crispy ini dihidangkan bersama tempura goreng, ayam goreng tepung atau masakan lainnya. Rasanya yang enak, gurih serta manis dari bawang bombay memang layak untuk difavoritkan. Biasanya menyantap onion ring crispy ini paling pas dengan saus sambal botolan, saus tomat, mayonaise serta sambal pedas sesuai selera.

Selain terkenal di Indonesia, makanan sejenis bawang bombay goreng tepung crispy ini juga populer di luar negeri lho, di sana menyebutnya onion blossom. Hanya bedanya pengolahan onion blossom ini dengan cara memotong-motong kecil bawang bombay perkelopaknya dengan alat khusus sehingga menyerupai bunga yang mekar, kemudian baru dicelup ke adonan basah yang terbuat dari terigu, susu, telur dan bumbu-bumbu lainnya lalu goreng. Onion blossom ini bisa jadi menu pembuka atau camilan ala resto steak dan pasta.

Untuk membuat onion ring crispy, yang dilakukan adalah dengan dipotong-potong melingkar dulu kemudian lepaskan satu persatu sesuai ruasnya sampai berbentuk ring. Setelah itu celupkan ke adonan basah dan kering lalu digoreng sampai matang. Nah sudah semakin penasaran kan?

Berikut cara membuat onion ring crispy yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/11/2018).

2 dari 3 halaman

Bahan cara memuat onion ring crispy:

1 buah bawang bombay ukuran besar

2 cangkir tepung terigu

2 sdm tepung maizena

Tepung roti/panir secukupnya

Garam secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Kaldu bubuk secukupnya

Air es secukupnya

Minyak goreng secukupnya

3 dari 3 halaman

Cara membuat onion ring crispy:

1. Pertama-tama iris bawang bombay berbentuk lingkaran dan lepas satu persatu hasil potongan sehingga bawang menjadi banyak.

2. Lalu rendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit.

3. Buat adonan kering, caranya dengan mencampur tepung terigu, tepung maizena, kaldu bubuk, garam, merica dan aduk sampai rata.

4. Tiriskan bawang yang sudah direndam dan balur bawang dengan sedikit adonan tepung yang dibuat tadi, lalu taruh bawah di wadah kosong.

5. Buat adonan basah, masukkan air es ke dalam adonan kering dan aduk sampai rata. Buat adonan jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer. 6. Celupkan bawang yang sudah dibalur adonan kering ke dalam adonan basah, lalu balur dengan tepung roti/panir.

7. Setelah dibalur dengan tepung roti, kemudian goreng sampai berwarna kecoklatan. Goreng dengan api kecil agar tidak cepat gosong. Angkat, tiriskan.

8. Onion ring crispy siap dinikmati selagi hangat dengan dicocolkan sambal atau mayonaise pilihan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Ampuh Usir Kecoak di Rumah dengan Bawang Bombay