Sukses

Cara Membuat Omelet Telur Keju yang Lembut Buat Sarapan, 5 Menit Jadi

Omelet ada di hampir semua negara.

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, omelet dikenal sebagai telur dadar, yakni telur kocok yang dicampur dengan cabai dan daun bawang, lalu digoreng. Di Indonesia dan Malaysia, makanan ini biasanya disantap dengan nasi hangat. Namun ternyata, ada banyak variasi omelet di negara lain yang tak kalah lezatnya.

Pada dasarnya, omelet adalah makanan yang dibuat dari telur kocok yang dimasak dengan mentega atau minyak di penggorengan. Agar teksturnya lembut dan mengembang, telur biasanya dicampur susu, krim, air, atau baking powder. Ada pula variasi omelet yang diberi topping keju, sayuran, atau daging lalu dilipat menjadi setengah lingkaran. 

Hampir seluruh negara di dunia memiliki versi omelet yang berbeda. Di Filipina, omelet disebut torta. Isiannya bisa beragam, mulai dari sayur, daging, kismis, hingga makanan sisa kemarin. Omelet ini dapat disantap begitu saja atau bersama dengan nasi goreng bawang putih dan saus pisang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Omlet di Berbagai Negara

Orang Thailand membuat omelet yang menggembung karena terdapat isian di dalamnya, namanya khai yat sai. Di Cina, telur diolah menjadi fuyunghai atau omelet tiram. Pajeon, sebutan omelet di Korea, tampilannya lebih mirip pancake. Pasalnya, selain telur dan daun bawang, makanan ini juga menggunakan tepung beras dan tepung terigu. Daging sapi, daging babi, kimchi, kerang, dan makanan laut biasanya menjadi pelengkap isian omelet ini.

Omelet tradisional di Jepang disebut tamagoyaki, sementara omuretsu adalah omelet versi Barat. Variasi isiannya bisa berupa nasi dan saus tomat (omurice) atau yakisoba (omusoba). Omelet India sering disebut omelet masala karena mengandung rempah-rempah yang berbeda di tiap wilayah. Adonannya mengandung telur, cabai hijau, irisan bawang bombay, daun atau bubuk ketumbar, jinten, serta kunyit.

Pembuatan omelet Perancis agak sulit karena diolah dengan presisi dan penuh perhitungan. Pancinya pun khusus. Omelet digoreng dengan clarified butter dengan rasio yang lebih besar daripada telur agar tidak lengket serta mempercepat proses memasak.

Meski diberi garam dan lada saja sudah enak, omelet Perancis sering pula ditambahi tomat dan irisan halus rempah-rempah (seperti tarragon, chervil, seledri, dan kucai) atau bawang bombay. Setelah matang, omelet digulung menjadi bentuk segitiga atau dituangkan langsung ke piring.

Dua sampai tiga butir telur dicampur dengan bawang bombay, jamur, kentang, paprika, daun bawang, serta kacang polong tumis, lalu dimasak. Jadilah boerenomelet khas Belanda. Orang Italia mengenal omelet sebagai frittata. Keju, sayuran, bahkan pasta sisa dicampur dengan telur, lalu dimasak perlahan. 

Di negara Pangeran Charles ini, omelet dibuat dengan telur, susu, dan keju. Makanan ini digoreng di kedua sisinya. Warga Amerika Serikat, terutama di California, mengenal omelet yang berisi bacon dan tiram goreng tepung. Di Denver atau Amerika Serikat bagian barat daya, omelet diisi dengan daging ham (paha babi) yang dipotong dadu, bawang bombay, dan paprika hijau. Kadang-kadang, omelet ini diberi topping keju dan kentang goreng.

Nah, begitu banyaknya omelet versi berbagai negara, ternyata yang sederhana nggak kalah menggoyang lidah. Omelet telur keju kerap menjadi santapan sarapan yang menjadi favorit banyak orang. Cara membuat omelet telur keju ini pun terbilang mudah. Penasaran kan? Berikut cara membuat omelet telur keju yang lembut seperti liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/10/2018).

3 dari 4 halaman

Bahan cara membuat omelet telur keju:

- 3 butir telur

- 75 ml susu cair tawar

- 30 gram keju cheddar (bisa diganti dengan keju Mozarella kalau mau kejunya lumer di mulut)

- 1/4 siung bawang bombay, cincang halus

- 5 buah jamur kancing, iris tipis

- 1 batang seledri atau daun bawang (sesuai selera), iris tipis

- 1 sdm margarin

- Garam secukupnya

- Merica bubuk secukupnya

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Omelet Telur Keju:

1. Langkah pertama kocok telur bersama dengan garam dan merica bubuk secukupnya. Kemudian tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.

2. Selanjutnya panaskan margarin untuk menumis bawang bombay sampai matang dan harum. Setelah bawang bombay matang, segera masukkan jamur kancing dan masak kembali sampai jamur kancingnya matang.

3. Kemudian tuangkan adonan telur yang sudah dikocok ke wajan yang berisi tumisan jamur kancing.

4. Taburkan irisan daun seledri atau daun bawang di atas adonan telur.

5. Masak omelet dengan api sedang sampai kedua sisinya matang sempurna.

6. Saat omelet sudah matang dan berwarna kuning keemasan, segera angkat dari wajan.

7. Taburkan keju parut di atas omelet secara merat. Omelet keju spesial yang hangat siap untuk disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini