Sukses

1 Potret Kebaikan Berbuah Penjelajahan Inspiratif Tanah Flores

Selama empat hari tiga malam, seorang fotografer profesional diajak menjelajah tanah Flores dengan mendatangi destinasi tak biasa, yakni orang-orang yang inspiratif.

Liputan6.com, Jakarta - Mengusung tema "Your Daily Kindness", sejumlah fotografer amatir dan profesional mengikuti lomba foto DBS Life More Society: Photo Competition 2018. Setelah melalui seleksi, terpilih Agus Kurniawan sebagai pemenang pertama yang berhak mengikuti penjelajahan ke Flores.

"Saya bersyukur bisa menjadi pemenang. Ternyata diantara sekian foto yang ada foto hasil jepretan saya yang ditetapkan oleh dan juri sebagai pemenang," ujar Agus fotografer profesioanal yang bermukim di Mataram, Lombok, NTB, saat ditemui di Larantuka, pada Jumat, 12 Oktober 2018.

Penjelajahan dimulai dari Larantuka, berlanjut ke Pulau Solor, Maumere, dan berakhir di Ende yang berlangsung selama empat hari tiga malam. Destinasi yang didatangi juga tak biasa. Salah satunya adalah mendatangi ibu-ibu penganyam yang dibimbing oleh Du'Anyam di Desa Wuloblolong, Pulau Solor.

Du'Anyam adalah wirausaha sosial yang memproduksi dan mengirimkan kerajinan anyaman untuk pemberdayaan ekonomi dan meningkatkan kesehatan wanita di pedalaman Indonesia, di antaranya di NTT, Kalimantan Timur, dan Papua. Kunjungan ke ibu-ibu tersebut karena mereka dianggap inspiratif.

Selain para ibu penganyam, Agus juga berkesempatan menemui Maria Loretha, petani yang membudidayakan sorgum di Rumadu, Flores Timur. Sorgum merupakan sumber karbohidrat potensial pengganti beras yang cocok tumbuh di tanah Flores.

Ada pula Yohanes Lewonawang Hayeng, seorang pengumpul madu hutan dengan konsep lestari serta istrinya Hemiliana Nirong Tukan perajin anyaman daun lontar. Selain itu, ada Anfonsa Horeng, seorang pelestari tenun ikat Flores Lepo Lorun di Desa Nita, Maumere, untuk belajar mengenai proses tenun ikat yang terkenal hingga ke mancanegara.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Your Daily Kindness

Selain menyambangi sosok-sosok yang inspiratif itu, Agus juga menyinggahi beberaapa destinasi wisata yang menakjubkan di Flores. Di antaranya, melihat matahari terbenam di Pantai Kawaliwu, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, berkunjung ke Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna berbeda dan berakhir di kampung adat Walogai di Ende, Flores.

"Terus terang saya belum mengunjungi destiasi dari trip ini, jadi saya antusias mengikuti satu demi satu destinasi trip ini. Dan trip ini amat berkesan buat saya. Pas dengan tema yang diusung penyelenggara lomba foto," ucap Agus.

Menurut Sharon Isabella, AVP External Communications & Community PT Bank DBS Indonesia, lomba foto digelar untuk menyebarkan misi "Live more, Bank less" DBS Live More Society agar dapat menjalani hidup dengan maksimal.

"Salah satu aktivitas tersebut adalah dengan mengadakan kompetisi foto dari tanggal 11 Juli hingga 16 September 2018. Dan dari sekian foto yang masuk, kami menetapkan foto dari Mas Agus Kurniawan yang memenangkan kompetisi ini," katanya.

Lewat lomba tersebut, peserta diminta untuk mengabadikan momen kebaikan yang terlihat kecil dan sederhana tetapi begitu berharga dengan menceritakan momen tersebut sesuai tema "Your Daily Kindness".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.