Sukses

Teknik Terbaik Memasak Bacon untuk Rasa Terlezat

Teknik memasak yang seperti apa yang terbaik untuk memasak bacon?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang begitu mengidolakan bacon sebagai bagian dari makanan favoritnya. Banyak daging bisa dibuat bacon untuk mendapatkan citarasa dan tekstur terbaik menikmatinya.

Kebanyakan orang juga mengolah bacon dengan teknik memanggang. Alat panggang yang digunakan sebenarnya tidak melulu panggangan yang diletakkan di atas bara api. Anda bisa mencoba dengan menggunakan oven, microwave atau pan waffle untuk mengolah bacon.

Lalu apa bedanya dari tiga teknik tersebut? Dikutip dari Real Simple, ada satu teknik memasak terbaik yang bisa Anda coba untuk mengolah bacon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Menggunakan oven

Jika Anda memilih menggunakan oven, Anda bisa memanaskan oven hingga suhu 400 derajat. Kemudian lapisi nampan menggunakan alumunium foil dan letakkan rak berigi di atasnya. Letakkan bacon tepat di atas rak bergerigi. Ketika oven sudah cukup panas, masukkan nampan ke dalamnya dan panggang selama 20 menit.

Metode ini akan memakan waktu yang sedikit lebih lama namun cukup layak karena mampu melelehkan lemak dari bacon dan Anda tidak perlu terkena cipratan panas dari api ataupun lemak yang meleleh. Sementara bacon strip masih terlihat baik dan renyah.

2. Menggunakan microwave

Untuk memasak bacon dengan microwave Anda haru menempatkan dua lapis handuk kertas di atas piring yang aman untuk microwave. Letakkan bacon di atas kertas tersebut dan panaskan selama 4-6 menit.

Hasilnya, daging bacon akan terlihat tidak begitu cantik. Lelehan lemak masih menjadi satu tempat dengan strip daging yang membuatnya terlihat begitu basah. Bukan tekstur renyah yang Anda dapat ketika mencicipi bacon ini. Melainkan daging yang meleleh di mulut Anda. Teknik memasak ini terbilang cukup cepat. Cocok bagi Anda yang sudah terlambat ke kantor namun membutuhkan sarapan

3 dari 3 halaman

3. Menggunakan pan waffle

Memasak bacon dengan pan waffle bisa dimulai dengan memanaskan pan waffle hingga suhu menengah. Karena ukuran pan yang tidak terlalu besar, Anda bisa membaginya menjadi dua dan meletakkannya di atas pan sekitar 10 menit.

Memasak bacon menggunakan pan waffle akan membuatnya terlihat kotak-kotak karena tekanan belahan pan lainnnya. Bagian kotak-kotak inilah yang akan memiliki tekstur renyah. Sisanya akan memiliki tekstur keras dan kenyal dengan lemak yang tidak meleleh sempurna.

Dari tiga teknik memasak bacon di atas, sebenarnya yang cukup ideal adalah memasaknya menggunakan microwave. Selain lebih cepat, memasak menggunakan microwave akan membuatnya memiliki tekstur yang renyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.