Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

10 Destinasi Jakarta Siap Meriahkan Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Pesta olahraga terbesar, Asian Games 2018 sudah di depan mata. Pawai obor atau torch relay pun telah tiba di Jakarta sejak Rabu (15/8) kemarin. Sebagai salah satu venue perhelatan Asian Games, Jakarta telah bersiap memeriahkan gelaran empat tahunan di Asian dengan beragam destinasi wisata. Jakarta memiliki banyak tempat keren yang sayang untuk dilewatkan.

"Jakarta punya banyak spot destinasi wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah hingga spot foto kekinian. Destinasi-destinasi ini siap menyambut Api Energi of Asia pada rangkaian Asian Games 2018. Yang pastinya juga akan menjadi destinasi peserta Asian Games nantinya," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Selasa (14/8).

Bukan hanya itu, Jakarta merupakan pusat bisnis yang dipadati oleh mall-mall besar. Mengunjungi pusat perbelanjaan juga bisa menjadi alternatif berwisata. Selain itu sejak dahulu, Jakarta menjadi daerah yang penuh dengan peninggalan bersejarah. Berikut 10 destinasi pilihan yang ada di DKI Jakarta.

1. Kota tua

Kota Tua merupakan aset Jakarta Barat yang terus dipromosikan sebagai destinasi wisata. Daerah ini memiliki bangunan-bangunan yang berarsitektur kolonial. Kota Tua merepresentasikan Batavia yang dahulu merupakan ibu kota Hindia Belanda dan pusat pemerintahan VOC.

Di Kota Tua, Anda bisa menelusuri setiap jalan-jalan yang ada sambil menikmati keindahan dan kekhasan arsitektur Belanda. Anda akan dibawa ke masa silam dan mirip dengan kota di Eropa. Disarankan untuk menggunakan sepeda ketika berencana mengunjungi daerah ini.

2. Glodok Chinatown

Di setiap kota niaga selalu ada pemukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa. Daerah ini biasa disebut Chinatown. Jakarta memiliki tempat yang sama seperti kota-kota lain di Indonesia. Chinatown di Jakarta adalah Glodok. Sebagai salah satu tempat rekreasi di Jakarta Barat, Glodok terkenal sebagai pusat penjualan elektronik dan komputer. Anda bisa mendapatkan harga yang cukup miring. Selain itu, terdapat bangunan tua yang masih berdiri kokoh sejak abad ke-19.

Hal yang unik lainnya dari kawasan Glodok Chinatown ialah masih adanya penghitungan dengan sempoa. Selain itu, lokasi wisata ini juga dikenal dengan wisata kuliner Jakarta Barat. Bagaimana tidak, anda bisa temukan banyak gerobak makanan menjajakan jualannya.

3. Museum Wayang

Wayang merupakan salah satu khazanah budaya Indonesia yang terus dilestarikan. Untuk melihat beragam wayang dari dalam dan luar negeri, Anda dapat berkunjung ke Museum Wayang. Tempat ini berada di daerah Kota Tua. Museum Wayang memiliki koleksi ribuan dan menarik. Pengunjung dapat melihat sejarah wayang Indonesia dari masa ke masa. Selain itu, wayang dari luar negeri pun dipamerkan di museum ini.

4. Monas

Siapa sih yang tidak kenal Monas atau Monumen Nasional? Bisa dibilang kalau Monas adalah salah satu ikon wisata Jakarta dan Indonesia yang sudah dikenal dunia. Tugu setinggi 132 meter ini didirikan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia melawan pemerintah kolonial Belanda.

Di sini anda bisa melakukan banyak hal seperti belajar sejarah dari diorama-diorama yang menceritakan besarnya upaya rakyat Nusantara merenggut kemerdekaan dari para penjajah, melihat-lihat pemandangan kota Jakarta dari puncak Monas, hingga berselfie ria.

Anda pun bisa manfaatkan area lapangan Monas sebagai tempat bermain dan berolahraga. Monas memang selalu menjadi pilihan warga berwisata. Saat sore atau akhir pekan tiba, anda pun akan temukan banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, basket, atau futsal di sana.

5. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah dapat dikatakan sebagai museumnya Jakarta. Catatan sejarah serta artefak yang berkaitan dengan Jakarta atau Batavia disimpan di museum ini. Pengunjung dapat melihat dengan sekama kondisi Jakarta ketika masih berada di bawah pemerintahan kolonial Belanda. Museum Fatahillah berada di Kota Tua dan bersebrangan dapat dikunjungi dari berbagai arah. Anda bisa naik commuter line atau busway.

6. Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri tepat berada di depan stasiun kota. Museum ini bersisi banyak arsip yang berkaitan dengan perbankan di Indonesia. Museum Bank Mandiri terbuka untuk umum. Orang tua dapat mengajak buah hati untuk belajar tentang keuangan dan perbankan. Museum ini menjadi tempat rekreasi di jakarta barat yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

7. Museum Seni Dan Keramik

Daerah Kota Tua masih memiliki tempat menarik lain. Anda bisa mengunjungi Museum Seni dan Keramik. Di sini, beragam keramik ditampilkan dari berbagai motif, bahan, desain, dan sebagainya. Museum ini didirikan untuk melestarikan budaya Indonesia yang kaya akan seni keramik.

8. Gereja Sion

Gereja Sion atau dikenal juga dengan Gereja Portugis merupakan sebuah bangunan gereja kuno. Tidak heran jika arsitekturnya pun masih arsitektur lama yang kokoh dan juga megah. Gereja yang satu ini bisa menjadi pilihan objek wisata yang ada di Jakarta Barat.

Selain lakukan wisata religi, anda pun bisa melihat bagaimana indahnya bangunan gereja kuno tersebut. Sampai saat ini, gereja masih digunakan sebagai fungsi awalnya sebagai tempat ibadah. Hal ini sangat berbeda dengan banguanan yang ada di sekitar gereja yang telah beralih fungsi. Memiliki kapasitas 1.000 orang, Gereja Sion tentu saja bisa menjadi salah satu tempat wisata unik dan jangan sampai terlewatkan yang ada di daerah Jakarta Barat. Sekedar informasi, angka yang ada di atas pintu gereja menunjukkan umur dari Gereja Portugis tersebut.

9. Ancol

Destinasi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Beragam keseruan dapat ditemukan di destinasi ini. Dari mulai wisata bahari sampai wisata edukasi ada disini. Ancol memang selalu menjadi destinasi pilihan.

Terlebih lagi disini juga ada Dunia Fantasi. Wahana yang tersedia di Dufan cukup bermacam-macam dan penamaannya pun disesuaikan dengan tema tempat tertentu. Permainan juga banyak dan pasti menyenangkan.

10. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal dengan TMII adalah kawasan wisata keluarga yang wajib di kunjungi saat liburan tiba. Sebab, wahana rekreasi lengkap tersedia di sini. Selain itu, fasilitas yang ada di sana pun bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Selain berekreasi, anda pun bisa menjelajah anjungan-anjungan daerah yang mewakili suku-suku bangsa Indonesia, naik gondola, naik titihan samirono, mengunjungi berbagai museum, bermain di Istana Anak Indonesia, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya, rasanya tak akan cukup menghabiskan waktu sehari saja untuk bisa menikmati semua fasilitas di sana.

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Dongkrak Perekonomian, Pemuda Timor Leste Ingin Festival Wonderful Indonesia Rutin Digelar
Artikel Selanjutnya
7 Kota Unggulan MICE 'Dijual' di ITB Asia 2019