Sukses

Intip Cara Membantu Teman yang Kesusahan agar Tepat Sasaran

Membantu teman ternyata ada tata caranya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Teman adalah salah satu orang paling penting dalam hidup kita. Kehadiran mereka membuat hidup kita menjadi lebih berwarna, ceria dan penuh kejutan. Bersama mereka pula, kita dapat mencoba beragam hal baru yang menarik.

Namun, lazimnya manusia biasa, teman juga sering kali dilanda masalah. Bisa tentang keluarganya, pendidikannya, ataupun hubungan asmara yang mereka jalin. Maka sebagai teman yang baik tentu kita akan tergelitik untuk segera membantu, melakukan apa saja yang dianggap dapat meringankan masalah mereka.

Akan tetapi, benarkah mereka merasa tertolong dengan bantuan kita? Karena pada kenyataannya, bantuan tersebut tidak berarti banyak bagi mereka dan hanya membuang-buang tenaga Anda. Lalu bagaimana caranya membantu mereka agar sesuai sasaran?

Melansir dari boldsky.com, Selasa (21/8/2018), berikut ini adalah pemaparannya.

1. Melatih kepekaan

Apabila bertanya kepada mereka apa yang dapat Anda lakukan, maka itu adalah sebuah kesalahan besar. Mereka yang sudah stres dengan masalahnya, jangankan tahu bantuan jenis apa yang dapat Anda berikan, berpikir secara jernih saja rasanya sulit.

Untuk itu, segera ambil inisiatif membantu berdasarkan cerita yang mereka sampaikan dan fokus terhadap poin-poin pokoknya. Misalnya, ketika mereka menceritakan tentang keinginan untuk membeli obat namun terkendala dengan biaya, maka Anda dapat menawarkan untuk membantu masalah biaya tersebut, bukan meminjamkan atau mengajak mereka bekerja sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membantu bukan berarti harus menggurui

2. Bantu apabila dibutuhkan

Kebanyakan dari kita langsung memberikan bantuan tanpa berpikir panjang, apakah teman kita tersebut memang membutuhkan bantuan atau hanya ingin didengarkan saja. Apabila situasinya sudah jelas dan ia benar-benar dalam kondisi yang saat membutuhkan, maka Anda dapat segera membantunya.

Namun, apabila Anda sendiri tidak yakin dengan kondisi yang sedang terjadi, maka gerakan mundur teratur dapat menjadi pilihan yang paling baik. Sebab, apabila Anda menawarkan bantuan sedang ia tidak sedang membutuhkannya, hal tersebut akan dianggap sebagai upaya menggurui.

3. Simak ceritanya

Menjadi pendengar yang baik bagi teman yang sedang menceritakan permasalahannya pada dasarnya adalah salah satu bantuan terbaik yang dapat Anda lakukan. Dengan mendengarkan secara seksama, hal tersebut dapat menghangatkan hati mereka dan membuktikan bahwa masih ada orang yang peduli dengannya.

 

3 dari 3 halaman

Menghormati menjadi salah satu kunci membantu teman

4. Menghormati ruang pribadi mereka

Meski mereka percaya untuk menceritakan permasalahannya pada Anda, tetapi mereka memiliki ruang pribadi yang sebaiknya tidak Anda sentuh, seperti keputusan, pendapat, dan pandangan hidupnya. Berikan bantuan Anda secara general dan jauh dari kata memaksa.

Dengan memperhatikan keempat aspek di atas, semoga hubungan Anda berdua menjadi semakin baik dan toleran. 

(Kiki Novilia) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini