Sukses

Mudahkan Wisman Asian Games, ITDP Luncurkan Jakarta Travel Guide

Liputan6.com, Jakarta Menyambut gelaran akbar pesta olahraga Asian Games 2018, Institute for Transportation and Development Policy, organisasi nirlaba non-pemerintah yang fokus pada sistem transportasi masa  meluncurkan Jakarta Travel Guide.

Booklet sebanyak 46 halaman yang bisa diunduh di sini mengupas semua tentang sistem transportasi di Jakarta, sistem pembayarannya, hingga peta transportasi bus dan kereta lengkap dengan rekomendasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi.   

Untuk destinasi wisata dan kuliner setidaknya ada 10 tempat di Jakarta yang masuk rekomendasi, antara lain Monumen Nasional (monas), Museum Sejarah Jakarta, Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Kawasan Kuliner Pecenongan, Soto Betawi H Mamat, Bubur Ayam Barito, Ketoprak Ciragil, dan Sate Khas Senayan.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Bukan Aplikasi?

Novi, seorang warga Jakarta saat diminta pendapatnya kepada Liputan6.com mengatakan, tersebarnya booklet ini tentu sangat membantu wisman dan atlet serta official yang ingin lebih jauh mengeksplore wisata dan kuliner Jakarta. 

“Mungkin kalau di booklet sangat terbatas ya mengingat destinasi wisata dan wisata kuliner di Jakarta sangat banyak. Seharusnya sebagai smart city wanna be, yang digadang-gadang menjadi kota yang pintar, Jakarta sangat bisa meluncurkan traveler guide dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh semua orang di ponsel mereka misalnya,” ungkap Novi menambahkan.

Novi menambahkan, memang banyak aplikasi travel guide yang bermunculan terkait Asian Games 2018, namun menurutnya belum ada aplikasi yang benar-benar membahas soal pariwisata Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggara. 

 

3 dari 3 halaman

Target Kementerian Pariwisata

Sementara itu, Kementerian Pariwisata sendiri optimis bisa menjual beragam paket wisata Asian Games di 7 destinasi utama, termasuk salah satunya Jakarta. Asian Games menjadi kesempatan besar bagi pariwisata Indonesia unjuk gigi di kancah dunia. Pasalnya menurut data INASGOC Departemen Ticketing, ada 45 negara dengan jumlah atlet dan official mencapai 15.000 orang, media 5.000 orang, dan melibatkan 30.000 volunteers dan workforce yang bakal meramaikan perhelatan Asian Games 2018.

Dari Asian Games, Kemenpar bahkan menargetkan 170.000 wisman. Dari angka tersebut dapat diproyeksikan devisa yang didapat Indonesia dari penyelenggaraan Asian Games 2018 mencapai Rp 3 triliun. Angka tersebut didapat dari jumlah wisman yang datang dikalikan dengan pengeluaran mereka selama di Indonesia, yaitu antara USD 1.200-2.500.

Evakuasi Bayi Baru Lahir Terjebak di Saluran Pembuangan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Instagramable, Yuk Foto-Foto di Lapangan Banteng yang Kaya Sejarah
Artikel Selanjutnya
Meriahkan HUT Jakarta, Ondel-Ondel Main Sepak Bola di Ancol