Sukses

Nyanyian Ubiet di Panggung Indonesia Kita Lakon Brigade Orgil

 

Liputan6.com, Jakarta Nama Nyak Ina Raseuki atau yang sering dipanggil Ubiet sudah tak asing lagi bagi kita para penggemar musik. Seniman yang pernah mendalami ilmu vokal di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini ikut tampil dalam gelaran panggung Indonesia Kita berlakon Brigade Orgil di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jumat-Sabtu (10-11/8/2018).

Meski lagu-lagu yang dinyanyikannya tanpa lirik, nada yang disuarakannya secara spontan alias improvisasi terdengar sungguh indah berbalut irama etnis yang ditampilkan dalam gelaran yang sebagian besar dikerjakan bersama para mahasiswa dan dosen IKJ. Liukan suara vokalnya jelas terdengar sudah terlatih puluhan tahun. Mungkin tak banyak yang bisa menandinginya. Maka tanpa lirik pun, irama vokal itu tetap menjadi sebuah lagu yang enak didengar bahkan menjadi 'soundtrack' lakon teater kali ini.

Ubiet, memang jago improvisasi, dia juga ahli di bidang etnomusikologi. Dia pernah meraih gelar doktor di bidang ini di Univesity of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat. Dan dia pernah mengajar pula di Sekolah Pascasarjana IKJ.

Selama empat puluhan tahun ia bekerjasama dengan beragam pemusik dengan lintas genre serta terlibat dalam bermacam pementasan, rekaman, baik itu musik klasik, pop, jazz, atau musik tradisional Nusantara. Tak heran sebuah album musik populer Archipelago (Warner Music Indonesia, 200) pernah dibuatnya. Juga sebuah album musik baru Music for Solo Performer" Ubiet Sings Tony Prabowo (Musikita, Jakarta, 2006) juga pernah dilahirkannya. Yang ini merupakan album interpretasi musik keroncong Ubiet dan Kroncong Tenggara (demajors, Jakarta, 2007/2013).

Ada juga sebuah album musik duo bersama Dian HP, nyanyian berdasarkan puisi dua penyair Indonesia bertajuk "Komposisi Delapan Cinta" (demajors, Jakarta, 2011). dan tentu saja masih banyak proyek musik lain yang digarapnya. Yang jelas, sebagai musisi, Ubiet tak hanya berpengetahuan luas, tapi sanggup memadukan semua ilmunya itu dalam balutan musik yang indah.

 

1 dari 2 halaman

Tiga Kali

Brigade Orgil merupakan lakon kocak penuh ironi yang menggambarkan sebuah zaman ketika yang gila dan tidak gila telah sulit dibedakan. Bakal dipentaskan tiga kali, lakon Brigade Orgil akan tampil pada Jumat, 10 Agustus 2018 - Pukul 20.00 WIB, Sabtu, 11 Agustus 2018 - Pukul 14.00 WIB dan Pukul 20.00 WIB.

Venue : Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta.

Tim Kreatif : Butet Kartaredjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto; Gandung Bondowoso

Naskah ; Sutradara : Agus Noor

Pengatur Laku : Joseph GintingS

Penata Musik : Jalu Pratidina & Anusirwan

Penata Tari : Hanny Herlina

Pemusik & Penari : FSP Institut Kesenian Jakarta.

Artistik : Ong Hari Wahyu

Pendukung : Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Mucle Katulistiwa, Nungki Kusumastuti, Inayah Wahid, Nyak Ina Raseuki (Ubiet), Bedu, Ence Bagus, Bowo GP, Joseph GintingS dan Mahasiswa FSP IKJ.

HTM Brigade Orgil: PLATINUM Rp. 750.000 VVIP Rp. 500.000 VIP Rp. 300.000 BALKON Rp. 150.000

Reservasi Tiket: www.kayan.co.idwww.blibli.com

Informasi: Kayan Production & Communications0856-9342-7788 / 0895-3720-14902 / 0813-1163-0001

Saksikan Live Streaming Asian Games 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Lakon Brigade Orang Gila Teater Indonesia Kita, Tiga Hari Lagi
Artikel Selanjutnya
Pentas Indonesia Kita Lakon Brigade Orgil Bakal Gandeng IKJ