Sukses

Benarkah Orang yang Mengenakan kacamata Lebih Cerdas?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda seringkali mendengar anggapan dari banyak orang jika orang-oraang yang mengenakan kacamata lebih cerdas dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan. Namun apakah gagasan tersebut benar?

Dilansir dari Independent, Minggu (15/07/18),  ternyata kiasan umum yang tertanam dalam masyarakat bahwa orang yang mengenakan kacamata lebih cerdas ada benarnya lho.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang baru-baru ini dilakukan di University of Edinburgh. Menurut para peneliti, ternyata ada korelasi positif antara penglihatan yang buruk dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi pada seseorang.

Dari sampel DNA, kuisioner  dan sejumlah tes lain yang dilakukan pada 300.486 orang yang berusia antara 16 hingga 102 tahun, ternyata ditemukan bahwa sekitar 30 persen peserta yang cerdas adalah mereka yang menggunakan kacamata.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecerdasan dan Kacamata

Tidak hanya itu, selain cenderung menggunakan kacamata, orang-orang cerdas juga memiliki penurunan risiko terhadap berbagai macam penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, kanker dan kesehatan mental.

Hanya saja menurut Dr Gail Davies selaku pemimpin  penelitian tersebut mengungkapkan bahwa perlu analisis lebih lanjut dan terperinci lagi karena penelitian yang dilakukan saat ini hanya melibatkan orang-orang Eropa.

Hal ini berarti mereka tidak dapat mengeksplorasi kecerdasan seseorang dengan latar belakang genetik yang berbeda sehingga asumsi terhadap mereka yang berkacamata bisa dikatakan benar-benar valid.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.