Sukses

Terlalu Sering Bawa Tas Terlalu Berat, Ini Dampaknya pada Tubuh

Perhatikan dampak pada tubuh jika Anda terlalu sering membawa tas yang terlalu berat.

Liputan6.com, Jakarta Apa Anda juga sering membawa-bawa tas yang terlalu berat? Ya, sebesar apa pun tasnya, rasanya semua barang kebutuhan ingin dimasukkan ke dalamnya, bukan?

Jika Anda masih sering melakukannya, mari simak beberapa dampak yang akan terjadi pada tubuh jika sering membawa tas yang terlalu berat, seperti dilansir dari thelist.com, Rabu (4/7/2018).

1. Stres

Membawa-bawa tas yang terlalu berat dapat memberikan efek ekstrem pada tubuh. Seseorang bisa membawa tas dengan berat rata-rata antara 8 sampai 22 pon atau seukuran bayi yang baru lahir hingga berusia 1 tahun.

Membawa tas terlalu berat setiap hari dapat menyebabkan otot-otot tulang belakang bekerja untuk mengimbangi berat badan, membuat lebih banyak tekanan di punggung bagian bawah. Semakin banyak muatan asimetris karena membawa tas yang terlalu berat setiap hari, semakin banyak kerja yang harus dilakukan oleh bahu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak pada tubuh jika Anda sering membawa tas yang terlalu berat

2. Sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan karena otot-otot dipaksa mendukung berat tas yang Anda bawa sehari-hari. Ketika otot-otot di daerah bahu dan leher kejang, ini bisa menyebabkan rasa sakit di belakang tengkorak.

3. Mempengaruhi gaya berjalan

Efek lainnya dari membawa tas yang berat setiap hari adalah pengaruh terhadap keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, pakaian juga memiliki pengaruh terhadap gerakan Anda.

3 dari 3 halaman

Dampak pada tubuh jika Anda sering membawa tas yang terlalu berat

4. Bahu dan otot menegang

Otot di bagian atas bahu juga akan menjadi kejang dan kencang. Ketika hal ini terjadi, akan membuat punggung bagian atas, bahu, dan leher juga menjadi kaku.

5. Perhatikan postur tubuh Anda

Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menimbang kembali berat tas yang Anda bawa-bawa setiap hari, sebisa mungkin jangan melewati 5 sampai 8 pon. Lihatlah ke arah cermin ketika Anda membawa tas, apakah Anda masih bisa berdiri tegak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.