Sukses

7 Cara Memakai Eyeliner Secara Mudah Untuk Para Pemula

Dengan cara mudah ini, pulasan eyeliner akan terlihat seksi menawan.

Jakarta Eyeliner menjadi salah satu kosmetik yang tidak bisa lepas dari riasan wajah. Sebabnya eyeliner berguna untuk membuat tampilan mata terlihat lebih besar, tegas, dan indah.

Mengaplikasikan eyeliner sedikit tricky bagi beberapa orang. Terutama bagi mereka yang pemula. Kadang bisa belepotan, kadang juga tidak simetris antara mata yang kanan dan yang kiri.

Bagi Anda yang pemula dalam mengaplikasikan eyeliner, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis eyeliner sehinga bisa mengetahui cara yang tepat untuk memakainya. Dirangkum Liputan6.com (26/6), ini dia penjelasannya.

Jenis eyeliner:

1. Pencil eyeliner

Pencil eyeliner merupakan jenis eyeliner yang paling populer dan mudah cara pengaplikasiannya. Namun di sisi lain tidak tahan lama sehingga harus sering-sering menebalinya jika Anda sibuk seharian. Eyeliner jenis pensil ini cocok digunakan bagi Anda yang masih pemula. Hal ini dikarenakan mudah cara menggunakannya yang mudah serta tidak akan meluber seperti liquid eyeliner maupun eyeliner jenis lainnya.

Membeli pencil eyeliner pun, berarti Anda juga harus membeli rautannya. Raut pensil setiap kali hendak memakainya. Hal ini berguna untuk menghindari dan menyingkirkan bakteri yang bisa saja menempel pada pemakaian sebelumnya. Namun jangan terlalu tajam seperti meraut pensil untuk menulis, karena dapat membuat kulit di area mata justru terluka karena ketajamannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Liquid eyeliner

Liquid eyeliner biasanya dikemas dalam botol kecil dengan kuas tipis dan runcing seperti pensil guna mempermudah pengaplikasiannya. Liquid eyeliner atau eyeliner cair ini warnanya lebih gelap atau pekat dan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan pencil eyeliner. Eyeliner cair ini pengaplikasiannya memang lebih rumit karena bisa saja luber serta membutuhkan waktu untuk kering.

3. Liquid pencil eyeliner

Eyeliner pensil cair ini hampir sama dengan eyeliner cair namun kuas dan kemasan menyatu berbentuk seperti pensil. Ibaratnya seperti bolpoin. Kuasnya sedikit lebih tebal dibandingkan dengan eyeliner cair dan tampilan mata jauh lebih tebal, tegas, dan dramatis. Eyeliner jenis ini juga cocok bagi Anda yang masih pemula.

4. Gel eyeliner

Eyeliner jenis ini tintanya dikemas dalam sebuah wadah seperti wadah bedak. Tintanya pun seperti eyeliner cair hanya lebih kental, seperti jel pada umumnya. Biasanya diaplikasikan menggunakan kuas tipis dan runcing.

5. Cake eyeliner

Cake eyeliner ini dikemas seperti pada wadah bedak padat. Lebih sering digunakan oleh para profesional seperti make-up artist. Cara menggunakannya pun kuas harus dibasahi terlebih dahulu agar warna eyeliner keluar.

Nah, setelah Anda telah mengetahui jenis-jenis eyeliner, sudah saatnya bagi Anda yang pemula tahu bagaimana cara memakai eyeliner.

 

3 dari 5 halaman

Cara memakai eyeliner untuk pemula

1. Mengaplikasikan bentuk eyeliner yang cocok dengan bentuk mata Anda

Bentuk mata setiap orang tentu berbeda-beda, oleh karena itu kenalilah bentuk mata Anda agar ketika Anda hendak mengaplikasikan eyeliner, Anda tahu bentuk eyeliner seperti apakah yang cocok dengan mata Anda.

2. Gunakan jenis eyeliner pencil eyeliner bagi Anda yang pemula

Bagi Anda yang baru saja menjajal dunia make-up atau berdandan menggunakan eyeliner, gunakanlah pencil eyeliner. Penggunaan eyeliner pensil ini lebih mudah bagi Anda yang pemula. Dan juga sebagai percobaan tidak akan meluber dibandingkan dengan jenis eyeliner lainnya

3. Cara memakai eyeliner dengan posisi yang benar

Langkah selanjutnya cara memakai eyeliner adalah menentukan posisi yang benar. Aplikasikan eyeliner dengan posisi duduk dan letakkan tangan pada meja yang stabil. Hal ini dilakukan agar tangan tidak bergoyang dan meminimalisir kesalahan yang tidak diinginkan.

4. Dongakkan kepala sedikit ketika mengaplikasikan eyeliner

Ketika sedang mengaplikasikan eyeliner, dongakkan kepala Anda sedikit agar dapat melihat garis mata Anda dengan lebih jelas. Cara memakai eyeliner ini sebagai ganti agar tidak mengaplikasikan dengan menarik ujung mata. Jangan menarik ujung mata, karena ujung mata sangat sensitif dan malah mempercepat proses penuaan pada kulit

5. Buat titik atau garis-garis

Agar tidak miring atau menghindari ketebalan yang berbeda. Buat titik-titik atau garis-haris pada kelopak mata Anda baru kemudian ditebalkan. Cara memakai eyeliner bisa Anda langkahi jika dirasa tidak perlu.

 

 

4 dari 5 halaman

6. Sapukan eyeliner ke satu arah dan sekali usap

Cara memakai eyeliner agar ketebalannya merata adalah dengan sekali usap. Setelah membuat titik-titik atau garis-garis, usapkan eyeliner dari ujung ke ujung hanya dengan sekali usap. Dengan begitu maka ketebalannya akan merata.

7. Usapkan lagi sampai mencapai ketebalan yang diinginkan

Jika dirasa kurang tebal, usapkan lagi dari ujung-ujung. Ingat! Dari ujung-ke ujung. Jangan dari tengah-tengah.

Demikianlah ke-7 cara memakai eyeliner yang benar bagi pemula.

Nyatanya cara memakai eyeliner yang terlihat mudah ini, masih banyak orang yang kesusahan dan melakukan kesalahan. Anda harus menghindari kesalahan-kesalahan ketika mengaplikasikan eyeliner. Kesalahan seperti apa? Simak saja langsung.

Kesalahan umum memakai eyeliner

1. Mengaplikasikan eyeliner pada semua garis mata, atas dan bawah

Hal ini bukannya membuat Anda menjadi lebih dramatis, namun akan membuat tampilan mata menjadi lebih kecil padahal Anda menginginkan tampilan mata agar terlihat lebih besar. Hal ini memang cocok bagi Anda yang ingin mengaplikasikan konsep gelap pada wajah Anda dan memakai efek smokey eyes. Namun untuk make-up sehari-hari justru akan terkesan aneh.

2. Mengaplikasikan eyeliner hanya pada garis mata bagian bawah

Agar terlihat tegas dan garang, Anda hanya mengaplikasikan eyeliner hanya pada garis mata bagian bawah. Hal ini akan membuat tampilan mata Anda tidak proporsional.

5 dari 5 halaman

3. Anda malas meraut pensil eyeliner dan menggunakannya dalam keadaan tumpul

Dengan mengaplikasikan pencil eyeliner tanpa merautnya, akan membuat Anda kesusahan dan malah akan tidak rata dan rapi.

4. Mengaplikasikan eyeliner terlalu tebal

Cara memakai eyeliner untuk mata sipit agar mata terlihat besar bukanlah dengan mengaplikasikan eyeliner dengan tebal dan berani. Jika Anda mengaplikasikan eyeliner terlalu tebal, justru tampilan mata Anda akan semakin terlihat kecil. Terutama bagi Anda yang memiliki mata yang berkerut. Lebih baik aplikasikan eyeliner setipis yang Anda bisa jika Anda ingin membuat tampilan mata Anda terlihat lebih besar.

5. Mengaplikasikan eyeliner dengan menarik ke atas ujung mata Anda

Dengan melakukan hal tersebut terus-menerus, Anda malah akan mempercepat proses penuaan pada mata Anda karena kulit di sekitar mata sangat sensitif. Lebih baik biasakan mengaplikasikan eyeliner dengan sedikit mendongakkan kepala Anda.

6. Mengaplikasikan eyeliner cair pada bagian bawah mata Anda

Hal ini akan membuat tampilan Anda terlalu keras dan garang. Lebih baik gunakan pencil eyeliner lalu ratakan dengan menggunakan kuas eyeshadow jika Anda ingin mengaplikasikan eyeliner pada bagian bawah mata Anda.

7. Menggunakan eyeliner berwarna putih

Mungkin sebagian dari Anda kaget mendengar hal ini. Memang banyak yang berkata jika ingin tampilan mata lebih besar gunakan eyeliner berwarna putih. Memang masuk akal, namun Anda punya pilihan yang lebih baik. Daripada menggunakan eyeliner berwarna putih, cobalah menggunakan nude eyeliner. Hal ini akan membuat tampilan Anda terlihat lebih natural.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini