Sukses

Kenikmatan Sambal 'Ganja' Khas Aceh yang Bikin Ketagihan

Sambal jadi hidangan wajib bagi kebanyakan orang Indonesia. Hidangan di meja makan belum lengkap rasanya tanpa ada sambal.

Liputan6.com, Jakarta Hidangan di meja makan belum lengkap rasanya tanpa adanya sambal. Sambal menjadi hidangan wajib bagi kebanyakan orang Indonesia. Tanpa sambal, makan jadi kurang meriah. Tak heran jika di tiap daerah di Indonesia punya resep cara membuat sambal yang berbeda-beda, salah satunya adalah sambal ganja khas Aceh. 

Eits tapi bukan berarti sambal ini benar-benar menggunakan daun ganja dalam campurannya. Pemberian nama pada sambal jenis ini dikarenakan rasanya yang begitu lezat membuat siapa pun yang mencicipinya ketagihan.

Sambal khas Aceh ini mempunyai nama asli asam udeung. Asam udeung adalah sambal mentah khas Aceh yang memakai udang sebagai bahan utamanya. Sebenarnya, istilah asam sendiri bagi orang Aceh berarti sambal. Biasanya sambal ini paling nikmat disantap dengan seporsi nasi putih hangat.

Mau tahu seperti apa kenikmatan sambal 'ganja' yang bisa bikin kamu ketagihan? Yuk coba bikin sendiri. Berikut resep dan cara mudah membuatnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan

1. 10 ekor udang berukuran sedang, buang kepala dan kulit, cuci bersih dan goreng

2. 5 butir bawang merah

3. 3 buah belimbing wuluh, potong-potong

4. 5 buah cabai rawit, bisa menyesuaikan selera

5. 2 batang serai bagian putih, iris tipis-tipis

6. 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya dan iris tipis-tipis 7. 1/2 sdt garam

8. 1 sdm gula

9. 1 sdm minyak goreng panas

3 dari 3 halaman

Cara membuat

1. Ulek bawang merah, cabai, dan belimbing wuluh sampai agak halus. Masukkan garam dan gula. Tambahkan udang goreng lalu ulek lagi.

2. Tambahkan serai dan daun jeruk. Ulek kasar. Aduk sampai semua tercampur. Tambahkan minyak goreng panas di atasnya. Campur lagi samapai rata dan sambal 'ganja' pun siap dinikmati. Selamat mencoba!

 

Reporter: Annisa Amalia HapsariSumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.