Sukses

Unik Banget, Ada Pohon Natal Terbuat dari Mi Sohun di Solo

Liputan6.com, Jakarta Menjelang perayaan Natal, beragam kreasi pohon Natal banyak bermunculan, mulai di gedung perkantoran, pusat bisnis dan perbelanjaan, hingga hotel tak mau ketinggalan memajang pohon Natal hasil kreasinya masing-masing. Salah satu pohon Natal terunik bisa dilihat di Lobi The Sunan Hotel Solo. Keunikan pohon Natal ini ada pada bahan pembuatannya yang menggunakan mi sohun. 

Budi Prasetyo, seorang chef The Sunan Hotel Solo kepada Liputan6.com, Kamis (21/12/2017) mengatakan, ide awal pembuatan pohon Natal ini muncul dari pihak hotel yang ingin memnbuat pohon Natal unik dari bahan masakan. Mi sohun menjadi pilihan karena sudah sangat dikenal pada masyarakat kuliner Asia, termasuk Indonesia. 

 

 

1 dari 3 halaman

Hasil Percobaan

Meski demikian, sebelum memilih sohun, Budi Prasetyo telah melakukan beberapa kali tes. Dua jenis mi, yaitu mi telur dan bihun menjadi bahan-bahan tester pohon Natal. Tapi sayang, dua bahan mi tersebut kurang bagus jika dipadankan dengan pendaran lampu pohon Natal.

"Akhirnya ketemu bahan sohun ini. Sudah dites, kalau bahan sohun ini menimbulkan pendaran lampu yang bagus, pencahaayannya bagus," ungkap Budi.

2 dari 3 halaman

40 Kilogram Sohun

Pohon Natal sohun ini sendiri memiliki tinggi mencapai 180 centimeter, yang terdiri dari 11 tingkat. Membutuhkan tiga hari untuk membangun pohon Natal sohun. Pengolahan diawali dengan membasahi sohun kemudian dirapikan. Lalu sohun disampirkan di kerangka pohon Natal.

"Setelah itu sohun dikeringkan. Butuh waktu tiga hari untuk mengerjakan dan pengeringannya satu hari. Untuk membuat pohon Natal setinggi ini kita membutuhkan 40 kilogram bahan sohun," kata Budi menambahkan.

Saksikan Live Streaming Fashion Nation 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Sambut Matahari Pagi di 'Surga' Tersembunyi Pantai Sindang Kerta Tasikmalaya
Artikel Selanjutnya
Jelajah Pagi Menembus Pesona 'Perut Bumi' Payakumbuh