Sukses

Chapati, Menu Buka Puasa Spesial dari India

Coba buat sendiri roti panggang Chapati ala India untuk menu buka puasa di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadan, hampir setiap negara dengan mayoritas muslim pasti memiliki menu favorit yang akan disantap pada saat berbuka maupun sahur.

Dilansir dari Thekitchn, Rabu (7/6/17), ternyata India juga mempunyai menu santap untuk buka puasa yang populer, yaitu Chapati. Roti panggang ini menjadi makanan favorit saat berbuka puasa di negara tersebut. Mesti tidak hanya ditemui di India, Chapati juga sering dijumpai di Afrika Timur ataupun di Asia Selatan.

Chapati dari India ini sedikit berbeda dengan Chapati yang ada di negara-negara lain. Ciri khasnya terletak pada ketebalan roti. Chapati India sangat datar dan tipis seperti tortila dengan warna cokelat keemasan yang disajikan dengan semangkuk kari daging yang kental nan lezat.

Apabila Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah:

  • 450 gram tepung terigu atau tepung Atta
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak atau mentega secukupnya (untuk olesan)
  • 250 ml air hangat

Cara membuat:
1. Masukkan tepung terigu dan garam dalam satu wadah kemudian aduk rata.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan menggunakan tangan hingga adonan terasa lembut dan bisa dibentuk. Kemudian, uleni lagi hingga kalis selama lebih kurang 10 menit.
3. Letakkan adonan pada mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak selama 20 menit.
4. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, kemudian pipihkan satu persatu dengan bantuan alat penggilas. Agar adonan tidak lengket, taburi sedikit tepung terigu.
5. Setelah mendapatkan ketebalan yang diinginkan, panaskan di atas wajan anti lengket.
6. Jika sudah setengah matang, jangan lupa membalikkan adonan. Angkat Chapati jika sudah berubah warna menjadi cokelat keemasan dan siap dihidangkan saat buka puasa bersama dengan kari daging favorit Anda. 

Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.