Sukses

Tarik Kunjungan Wisata, Madura Gelar Suramadu Fest 2017

Liputan6.com, Jakarta Pulau Madura yang memiliki luas sekitar 5.250 kilometer persegi sebenarnya memiliki beragam potensi pariwisata, mulai dari keindahan alam hingga budaya yang adiluhung. Bahkan di pulau ini terdapat Keraton Sumenep, satu-satunya keraton yang masih eksis di Pulau Madura. Meski memiliki beragam potensi tersebut, namun pariwisata Madura dianggap belum berkembang dan tidak dapat bersaing dengan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Hal inilah yang kemudian menjadi latar belakang anak-anak muda Madura untuk menggelar Suramadu Festival pada 21 Mei 2017, yang dipusatkan di sekitar Jembatan Suramadu.

Sarbini, Ketua Panitia Penyelenggara Suramadu Festival yang juga putra daerah asli dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa malam (2/5/2017) mengatakan, Suramadu Festival yang digelar untuk pertamakalinya ini merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengangkat citra Madura, yang berdampak jangka panjang untuk meningkatkan kunjungan wisata.

“Festival ini akan kami gelar rutin tiap tahun. Ini yang pertama. Harapan saya ini bisa sukses, dan menjadi contoh untuk event-event berikutnya di Madura. Semoga dengan festival ini juga rasa persatuan generasi muda, semua elemen masyarakat, dapat tumbuh,” ungkap Sarbini.

Mengusung tema besar “Madura Bersatu dalam Seni dan Budaya”, festival ini menjanjikan beragam hiburan yang menarik, mulai dari aktivitas olahraga, seni dan budaya, pesta kuliner, hingga pameran kerajinan. Untuk aktivitas olahraga, akan digelar Suramadu Fun Run, yaitu marathon sejauh 10 km. Uniknya peserta diwajibkan menggunakan lurik khas Madura. Dengan rute melintasi Jembatan Suramadu, pihak penyelenggara menyediakan beragam hadiah menarik bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Indahnya Jembatan Suramadu di malam hari.

Tak hanya itu, di panggung Jembatan Suramadu sisi Pulau Madura akan digelar beragam pementasan seni dan budaya khas Madura, mulai dari Hadrah, Karapan Sapi, Tari Topeng Gethak, hingga musik Ghul-ghul.

Pihak penyelenggara meyakini, acara yang diprediksi akan dihadiri ribuan orang tersebut telah dipersiapkan dengan matang. Bahkan jauh-jauh hari, empat kabupaten yang ada di Madura meyakini infrastruktur Madura telah siap menggelar event sebesar Suramadu Festival.