Sukses

Ingin Lebih Percaya Diri? Lakukan 3 Tantangan Ini Selama 70 Hari

Liputan6.com, Jakarta Menumbuhkan kepercayaan diri merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan bagi orang-orang yang ingin sukses. Banyak orang yang tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi harus selalu bergantung pada orang lain. Hal ini dapat menyebabkan Anda tidak siap apabila ada kejadian yang tidak diinginkan berlangsung. Agar bisa hidup lebih sukses dan bahagia karena percaya pada kemampuan diri sendiri, lakukan 3 tantangan ini selama 70 hari seperti yang dirilis dari lifehack.org, Senin (14/11/2016)

Berbicara dengan orang baru setiap harinya
Manusia adalah makhluk sosial, maka antisosial merupakan kebiasaan yang buruk untuk jiwa kita. Coba tanyakan pada diri sendiri, Berapa sering Anda merasa hidup sendirian ketika dikelilingi oleh orang banyak? Bila jawabannya sering, bisa jadi Anda merupakan orang yang tidak ingin mencoba mencari cara untuk berhubungan dengan orang lain.

Untuk menghindari hal tersebut, inilah solusi yang harus Anda lakukan. Berbicaralah dengan orang baru setiap harinya untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa takut ditolak dalam berhubungan. Dengan melakukan hal ini, bisa jadi orang yang Anda ajak bicara memberikan tanggapan positif yang mampu membuka tempurung kesendirian yang enggan Anda buka selama ini.

Belajar menolak
Kehidupan sosial kita dibangun dengan berbagai persetujuan dan kata “Ya”, sehingga tampak harmonis dan hubungan berjalan dengan lancar. Tapi keadaan seperti ini tidak akan membuat kepribadian Anda tumbuh dan harus patuh dengan berbagai hal yang tidak disukai. Dengan belajar berkata “tidak” kepada berbagai hal yang tidak disetujui, maka kesempatan untuk berubah akan terbuka.

Perkataan “tidak” pasti akan membuat pihak lain kecewa, tapi hal ini akan memaksa mereka untuk mendengarkan keinginan dan alasan Anda membuat keputusan yang berbeda. Penolakan juga berarti Anda peduli dengan permasalahan tersebut dan memiliki solusi yang lebih sesuai untuk permasalahan tersebut. Dengan mencoba hal ini, Anda akan lebih berani mengemukakan pendapat dengan baik dan menimbulkan rasa saling menghargai satu sama lain.

Menulis di media online

Meski tak seindah buatan para pujangga, anak-anak mampu membuat surat cinta yang tulis. (Foto: nbcnews.com)

Menulis di media online
Setiap orang memiliki suara, setiap orang juga berhak memilih cara mereka berkomunikasi, baik bicara atau menulis. Dengan menulis di media online, Anda akan memberanikan diri mengutarakan pendapat mengenai sebuah masalah atau sekedar menceritakan kehidupan Anda sehari-hari.

Dengan menulis secara rutin, Anda akan merasakan kata-kata yang biasa diucapkan akan mengalir secara alami dalam gaya menulis Anda. Memberikan sensasi kehangatan dalam jiwa dan menumbuhkan kepercayaan diri dengan komentar yang diberikan orang lain terhadap tulisan Anda. Namun tetap pastikan tulisan Anda dalam koridor yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan.