Sukses

Inilah Jalur Mendaki Populer ke Gunung Marapi

Liputan6.com, Jakarta Gunung Marapi merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di provinsi Sumatera Barat. Dengan ketinggian 2891 Mdpl, gunung ini memberikan pengalaman yang luar biasa bagi Anda yang hobi berpetualang ke berbagai tempat baru yang ada di Indonesia. Untuk menjelajah gunung ini, Anda bisa mengambil berbagai rute, salah satu lokasi yang terkenal adalah jalur Koto Baru, Kab. Tanah Datar.

Untuk mencapai pintu masuk ini, Anda bisa menaiki mobil antar kota dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi atau Payakumbuh. Setelah mencapai Koto Baru, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan Ojek atau Angkot yang akan mengantar Anda pada awal perjalanan di kawasan Tower. Untuk menaiki gunung, Anda diwajibkan untuk membayar retribusi dan memeriksa barang kelengkapan Anda.

Jalur pendakian ini memiliki beberapa pos, yaitu pos 1 yang merupakan pos jaga polisi hutan, lalu pos KM 4 yang ada di pertengahan perjalanan dan yang terakhir adalah Cadas Merapi. Track menuju ke puncak terbilang cukup sulit karena medan hutan yang sangat lebat dan disepanjang jalur dikelilingi oleh jurang dalam. Untuk menuntaskan 8 track sepanjang 8 kilometer ini Anda biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 atau 5 jam.

Disarankan untuk mendaki Gunung Marapi pada saat bulan kering, sekitar bulan Maret hingga bulan Juli agar aman dalam perjalanan. Selama perjalan juga diharapkan selalu siaga dan konsentrasi, agar seluruh tim pendakian tetap aman. Setelah Anda mencapai pos terakhir, yaitu pos Cadas Marapi, Anda akan diberikan bonus yang luar biasa, yaitu pemandangan kota Bukittinggi dan Padang Panjang dari atas gunung.

Loading