Sukses

Terlarang Lakukan 4 Hal Ini Saat Memakai WiFi Publik

Mulai sekarang jangan gunakan empat hal ini memakai WiFi publik demi keamanan data pribadi kita

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan Jaringan WiFi publik seperti di coffee shop, kafe, bandara, dan hotel mungkin terasa nyaman nyaman karena kita bisa berselancar di dunia maya stanpa khawatir kuota. Meski asyik, kita harus hati-hati saat membuka informasi rahasia seperti email, rekening bank, dan hal lain yang bersifat privacy.

Melansir dari purewow.com, Kamis (13/10/2016), seorang ahli dalam bidang keamanan komunikasi, Shaun Murphy mengungkapkan jangan menggunakan WiFi publik untuk mengakses hal-hal yang menyangkut informasi pribadi. Sebab saat menggunakan WiFi publik artinya kita berbagi jaringan dengan orang lain dan bukannya tidak mungkin seseorang akan mencuri data kita.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya tidak kita lakukan melalui WiFi publik, apa saja?

1. Jangan melihat email dan rekening bank
Kita mungkin menduga tidak ada salahnya melihat informasi keuangan seperti e-banking dan membuka email menggunakan WiFi publik. Account email kita dapat digunakan untuk me-reset setiap layanan lain yang digunakan saat ini, sehingga lebih mudah bagi hacker untuk mencuri identitas kita.

2. Matikan perangkat penghubung
Di rumah, kita dapat berbagi file, printer, atau bahkan memungkinkan remote login dari komputer lain pada jaringan pribadi. Sebaiknya nonaktifkan fitur ini ketika kita berada di jaringan publik. Gunanya untuk mencegah orang lain menemukan perangkat kita. Lupa mematikan bluetooth contonya, orang lain akan mudah menemukan perangkat kita dan mencuri data pribadi.

3. Pastikan web atau situs yang anda kunjungi aman
Saat menggunakan WiFi publik dan tersambung pada salah satu situs, seeorang yang ahli dalam IT akan mudah untuk menemukan perangkat kita. Untuk menghindari hacker, pastikan situs yang akan dikunjungi aman. Caranya cari ikon kunci hijau di sebelah kiri url dan pastikan "s" ada pada akhir "http").

4. Hindari menggunakan aplikasi
Saat menggunakan WiFi publik, hindari membuka aplikasi melalui ponsel. Sebaiknya masuk melalui web resmi pada komputer kita. Web resmi telah melalui audit keamanan yang ketat sedangkan aplikasi ponsel keamanannya bervariasi sehingga tidak ada jaminan anda bebas dari hacker. Misalnya aplikasi snapchat yang mempunyai keamanan rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.