Sukses

Ini 9 Jenis Makanan yang Tak Pernah Kedaluwarsa

Takut dengan makanan kedaluwarsa, berikut beberapa jenis makanan yang dianggap tidak pernah kedaluwarsa.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan makanan yang Anda temukan di pasar tentu memiliki tanggal kedaluwarsa. Sebelum membelinya, Anda selalu melihat tanggal kadaluarsanya agar tetap aman jika dikonsumsi. Namun pernahkah muncul di dalam benak Anda, apakah ada makanan yang tidak pernah basi atau kedaluwarsa?

Selain madu, ternyata ada beberapa jenis makanan lain yang tidak pernah basi. Seperti yang dilansir dari purewow.com, Kamis (8/9/2016) berikut beberapa jenis makanan yang dianggap tidak pernah kedaluwarsa. 

Cuka Putih
Karena keasaman yang tinggi, cuka di dalam botoh putih tidak akan pernah berubah. Selain sebagai campuran untuk masakan Anda, cuka juga bisa digunakan untuk solusi menghilangkan noda.

Minuman Keras
Walaupun Anda sudah menyimpan sebotol wiski beberapa tahun lalu, Anda tetap masih bisa mengonsumsinya. Dengan catatan, Anda menyimpannya di tempat kering dan sejuk.

Ekstrak Vanili
Hanya ekstrak vanili asli yang bisa membuat makanan Anda terasa nikmat. Perlu Anda ketahui hal yang membuat vanili selalu harum dan segar adalah, kandungan alkohol yang ada di dalamnya.

Kacang Kering
Bukan kacang kalengan, tapi kacang kering. Kacang memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi yang sangat baik bagi tubuh. Anda harus mengeringkannya agar tahan selamanya.

Kopi Instan
Hal yang membuat kopi instan tidak pernah kadaluarsa adalah, kemasannya yang terbuat dari plastik. Tidak seperti kacang giling dalam kemasan, kopi instan tetap terjaga dan tidak lembab. Itulah yang membuatnya tetap bisa Anda konsumsi kapanpun.

Beras
Simpanlah beras putih Anda di tempat yang kering dan tidak lembab untuk ketahanan yang lebih lama. Ingat, hanya beras putih yang bisa bertahan lama. Beras merah memiliki kandungan minyak alami di dalamnya, sehingga menyebabkan beras merah berbau tengik lebih cepat.

Garam
Garam atau natrium klorida, adalah mineral alami yang ditemukan di bumi. Jadi bukan menjadi sebuah kejutan besar bahwa benda ini tidak akan pernah kadaluarsa.

Madu
Enzim khusus yang terkandung di dalam madu, mampu memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kebusukan. Simpanlah madu Anda di dalam wadah tertutup untuk menghindari proses kristalisasi. Namun, jika madu Anda mengeras, cukup letakkan botol madu Anda di dalam wadah yang berisi air hangat. Dengan begitu madu Anda akan mencair kembali.

Gula
Gula putih atau gula merah tidak akan pernah membusuk karena gula tidak mendukung pertumbuhan bakteri di dalamnya. Walaupun tidak membusuk Anda tetap harus menjaga gula agar tidak mengeras seperti batu.

(Dearni Grasia)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini