Sukses

Terkuak, 6 Kesalahan dalam Memasak Pasta

Liputan6.com, Jakarta Pasta merupakan makanan asal Italia yang digemari dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Namun dalam proses pembuatannya Anda kerap tidak sadar telah melakukan kesalahan. Kesalahan ini dapat berdampak pada hasil akhir dan kelezatan pasta.

Seperti yang dilansir dari situs Prevention, Sabtu (18/6/2016), berikut enam kesalahan yang sering tidak disadari ketika membuat pasta.

1. Merebus pada wadah kecil

Hindari kesalahan ketika memasak pasta

Wadah yang kecil membuat air untuk merebus pasta terbatas, sementara memasak pasta membutuhkan air yang cukup agar matang sempurna. Meski pada wadah kecil Anda telah merasa cukup namun varian mie khususnya pasta yang memiliki tekstur lebih tebal membutuhkan ruang yang lebih luas untuk hasil yang maksimal. Ganti panci Anda dengan yang lebih besar. Biarkan air mendidih sempurna lalu masukkan pasta ke dalam panci.

2. Tidak menambahkan garam saat merebus

Hindari kesalahan ketika memasak pasta

Anda tentu tidak akan melewatkan garam di dalam saus dan sayuran bukan, begitu pula halnya dengan pasta. Lakukan hal yang sama, tambahkan garam secukupnya ke dalam panci ketika Anda memasak pasta. Anda biasanya tidak menambahkan apapun saat merebus pasta dan hanya mengandalkan saus sebagai perasa. Hal ini membuat rasa pasta Anda tidak menyatu dengan saus.

3. Menambahkan minyak ke dalam air

Hindari kesalahan ketika memasak pasta

Menambahkan minyak ke dalam air memang membuat pasta menjadi lebih menempel. Namun menambahkan minyak ke dalam air rebusan dapat membuat pasta terlalu menempel. Sehingga akan sulit untuk saus menyatu dengan pasta karena saling menempel. Biarkan pasta Anda menempel natural untuk hasil yang lebih lezat.

4. Mengikuti waktu yang tertera pada kemasan

Hindari kesalahan ketika memasak pasta

Terlalu mengikuti apa yang tertulis pada bagian belakang kemasan pasta berupa petunjuk memasak akan membuat hasil yang tidak maksimal. Anda hanya bisa mencoba secara langsung apakah pasta Anda masak dengan sempurna atau belum. Karena masing-masing kasus memasak akan berbeda. Ambil satu helai pasta dan rasakan apakah sudah matang sempurna, meskipun tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan pada kemasan.

5. Membuang semua air rebusan pasta

Hindari kesalahan ketika memasak pasta

Anda biasanya akan langsung membuang air setelah merebus pasta. Sementara ternyata Anda dapat menggunakannya untuk dicampurkan pada saus pasta sehingga lebih creamy dan menambah cita rasa yang lebih lezat tentunya. Anda dapat menyisakan sedikit air rebusan pasta dan mencampurkan dengan saus.

6. Mencuci Pasta setelah direbus

Hindari kesalahan ketika memasak pasta

Banyak dari Anda yang mencuci pasta setelah direbus. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengurangi lengket yang ada pada pasta. Namun dengan mencuci pasta setelah direbus dapat menghilangkan sari-sari dan rasa asli dari pasta. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menyiram langsung pasta dengan saus sehingga hasilnya akan jauh lebih lezat.

Pedoman Penerapan New Normal Bagi Restoran Cafe dan Warung Makan