Sukses

Benarkah Saat Hamil Wanita Terlihat Lebih Cantik?

Liputan6.com, Jakarta Sebagian wanita hamil mungkin pernah mendengar suami, keluarga, atau bahkan orang yang tidak terlalu dikenal mengatakan ia terlihat lebih cantik saat hamil. Lantas apakah benar hamil membuat wanita tampak lebih cantik? Atau perkataan itu hanya pujian basa-basi?

Dikutip dari Good Housekeeping, Selasa (31/5/2016), Debbie Palmer, pakar kesehatan kulit bersetifikat mengatakan, saat hamil, wanita mengalami perubahan-perubahan fisik. Inilah yang membuat kecantikannya lebih terpancar saat hamil.

"Beberapa faktor di antaranya adalah peningkatan hormon selama hamil yang menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak dan membuat kulit lebih berkilau," tutur Debbie.

Belum lagi perubahan hormon yang mempercepat aliran darah ke kulit. Ini membuat kulit lebih cerah dan bercahaya. Perubahan ini lah yang membuat wanita hamil terlihat lebih cantik.

Namun, karena ada peningkatan produksi minyak, sebagian wanita juga mengalami problem jerawat selama hamil. Supaya tidak frustrasi, maka wanita hamil perlu lebih mempedulikan perawatan wajahnya, misalnya tidak mengunakan pembersih wajah yang bebas minyak.

Selain itu, ada pula permasalahan yang kerap muncul untuk wanita hamil adalah noda cokelat pada wajah yang disebut melasma. Ini muncul karena kombinasi hormonal dan paparan sinar matahari.

Kabar baiknya, noda ini akan hilang 3-6 bulan setelah melahirkan. Namun, jika terpapar sinar matahari berlebihan, noda akan kembali muncul. Untuk mencegahnya, maka pemakaian sunblock SPF 30 sangat disarankan sebelum keluar rumah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS