Sukses

3 Kebiasaan Unik Orang Jepang Yang Bisa Memudahkan Hidup Kita

Sudah saatnya Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa memudahkan hidup Anda.

Liputan6.com, Jakarta Di masa serba instan ini, hampir semua suka dengan segala sesuatunya yang bisa memudahkan hidup. Mungkin Anda yang sudah berkeluarga juga termasuk orang yang ingin serba mudah dalam pekerjaan rumah tangga. Sehingga tidak ada yang serba sulit dan merepotkan di rumah. Bila begitu, kini sudah saatnya Anda melakukan kebiasaan yang bisa memudahkan hidup. Caranya, cukup Anda bisa tiru tiga kebiasaan unik orang Jepang berikut ini:

1. Memilih bahan pakaian yang tak mudah lecek

Percaya nggak percaya, namun kenyataannya penduduk Jepang tidak menyetrika baju mereka. Di Negeri Sakura itu, pakaian yang disetrika hanyalah kemeja kerja dan sapu tangan. Uniknya baju yang sudah kering setelah dijemur kemudian langsung dilipat dan dimasukkan ke lemari baju.

Orang Jepang memang sangat cerewet dan detail dalam urusan pemilihan bahan pakaian pada saat membeli. Mereka akan melihat keterangan komposisi bahan terbuat dari apa dan memilih pakaian yang bahannya tak mudah lecek, seperti perpaduan katun dan polyester. Bila mencoba cara ini, Anda tak perlu repot dan sulit untuk menyetrika semua pakaian lagi. Menarik bukan?

2. Membuat rumah yang kecil dan multifungsi

Hampir semua rumah di Jepang kecil dan multifungsi, hingga semua bisa dilakukan dan ada dalam satu bangunan tersebut. Mereka juga menggunakan material kayu, desain sederhana, serta tidak terlalu banyak barang. Desain ini sengaja mereka gunakan untuk mengurangi kemungkinan bangunan rusak parah saat terjadi gempa.

Pada umumnya, masyarakat Jepang juga membangun rumah panggung dengan ketinggian dasar bangunan 10 sentimeter di atas tanah. Kemudian, menggunakan balok kayu untuk lantai. Hal ini bertujuan untuk menghindari embun dari tanah.

Sementara untuk alas duduk, sejak 600 tahun lalu, penduduk Jepang menggunakan kursi tatami. Yakni pelapis lantai rumah yang terbuat dari ikatan jerami yang dijadikan satu dengan papan kayu. Pada interior rumah tradisional Jepang, tatami menjadi lantai dan juga digunakan sebagai pembatas antara ruangan dalam dengan ruangan luar.

Lantai tatami akan terasa sejuk pada musim panas dan hangat pada musim dingin, dan tetap lebih segar daripada karpet selama bulan-bulan. Cara membersihkan tatami juga sangatlah mudah, hanya dilap dengan kain. Hmm kebayangkan repotnya jika menggunakan sofa atau kursi duduk berlapis bantalan.

3. Menggunakan peralatan rumah tangga yang memudahkan

Gaya hidup orang Jepang tergolong unik dari pandangan bangsa lain. Sebab mereka selalu menggunakan peralatan rumah tangga yang bisa memudahkan kehidupan sehari-hari. Seperti halnya jemuran, orang Jepang menggunakan yang berbentuk segi empat dan terbuat dari besi atau plastik. Jemuran segi empat ini memiliki jepitan pada tiap sisinya, yang berguna untuk menjepit ujung-ujung baju. Cara jemur seperti ini ternyata tidak membuat baju begitu kusut.

Orang Jepang juga pintar dalam menemukan inovasi baru, sehingga produk yang mereka keluarkan berkualitas tinggi dan terjamin. Misalnya saja AQUA Japan, yang dulu bernama SANYO. Salah satu inovasi AQUA Japan adalah mesin cuci Hijab Series yang memadukan antara hijab sebagai cerminan kearifan budaya lokal Indonesia dengan teknologi Jepang untuk perihal pencucian pakaian.

Seperti yang Anda tahu, pada umumnya hijab menggunakan material kain nan halus, unik, dan memiliki beragam ornamen khas. Seperti manik-manik, batu, atau border etnik. Dengan tekstur itu, pencucian normal dalam jangka panjang dapat merusak hijab. Sedangkan AQUA Hijab Series bisa memberikan proses pencucian yang sangat lembut dengan kemampuan membersihkan secara menyeluruh.

Misalnya dengan fitur Low Water Pressure Technology, AQUA Hijab Series bisa beroperasi pada tekanan air yang rendah. Sementara dengan Fuzzy Logic Control, Anda cukup melakukan satu sentuhan tombol dan AQUA Hijab Series akan mencuci secara otomatis, sesuai jumlah pakaian yang akan dicuci dengan kapasitas air yang diperlukan.

Anda bisa merasakan sensasi menyuci pakaian jauh lebih mudah karena AQUA Japan menghadirkan inovasi yang unik, yaitu COTON Handy Wash, sebuah mesin cuci yang bisa Anda genggam.

Bukan hanya itu saja Anda juga bisa merasakan sensasi menyuci pakaian jauh lebih mudah karena AQUA Japan menghadirkan inovasi yang unik, yaitu COTON Handy Wash, sebuah mesin cuci yang bisa Anda genggam. Yang membuat COTON Handy Washer lebih menarik adalah kemampuannya dalam membersihkan noda pada pakaian, hanya dengan sesendok air dan sedikit deterjen. Untuk proses pencucian, Anda cukup melapisi bagian belakang pakaian yang terkena noda dengan tisu. Dengan denyutan halus 700 kali per menit, noda pada kain akan berpindah ke tisu tersebut. Sungguh praktis!

Anda juga bisa menjaga kesegaran sayuran dengan kulkas Slim Beauty 2. Sebab lemari pendingin ini memiliki wadah di bagian bawah yang tidak menggunakan pendingin atau dry-box. Sehingga simpanan sayuran segar tidak mudah menghitam atau kering.

Bila Anda tertarik hidup dengan gaya orang Jepang, coba saja untuk lebih mengenal produk AQUA Japan di sini.

 

(Adv/HA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.