Sukses

Punthuk Setumbu, Tempat Cinta dan Rangga Menikmati Fajar Kizib

Punthuk Setumbu adalah spot populer bagi fotografer untuk mengabadikan Borobudur. Begitu juga Cinta dan Rangga yang ingin menikmati fajar.

Liputan6.com, Jakarta Area Punthuk Setumbu mungkin belum begitu banyak yang mengenal, namun sejatinya destinasi wisata yang baru mulai terkenal ini adalah salah satu alternatif untuk berburu sunrise di Jawa Tengah selain dengan menyapa matahari terbit di Candi Borobudur yang fenomenal. Punthuk Setumbu ini adalah sebuah bukit yang berada di berketinggian sekitar 400 meter di sebelah Barat Daya Candi Borobudur.

Entah sejak kapan nama Punthuk Setumbu ini mulai ramai diperbincangkan, hingga sekarang ini menjadi salah satu destinasi wisata alternatif di Magelang, Jawa Tengah yang harus dikunjungi selain Candi Borobudur. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur, sekitar beberapa ratus meter dari sana. Sedangkan lokasi tepatnya sendiri berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tempat ini juga terkenal sebagai Nirwana Sunrise yang ada di wilayah Borobudur. Karena dari sana, Anda dapat melihat sunrise yang sangat menakjubkan. Bahkan kalau sedang beruntung, Anda bisa melihat matahari pagi yang muncul perlahan dan bersinar dengan halus di antara Gunung Merapi dan Merbabu.

Lokasi keren ini juga akhirnya masuk dalam scene film Ada Apa Dengan Cinta 2. Cinta dan Rangga harus berangkat sejak dini hari untuk bisa menikmati fajar yang menyingsing dari peraduannya. Lokasi ini memang merupakan spot favorit para travel fotografer untuk mengabadikan terbitnya matahari yang muncul dengan warna emas dan membanjiri Borobudur dengan sejuta cahaya alami yang indah.

Candi Borobudur dilihat dari Punthuk Setumbu

Meskipun Punthuk Setumbu ini berada di Magelang, namun uniknya paket perjalanan dan pengunjung yang datang ke tempat ini banyak berasal dari Yogyakarta. Dari Yogyakarta, Punthuk Setumbu bisa ditempuh dengan 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Tentunya selain itu Anda yang ingin menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu harus membayar retribusi sekitar 20 ribu rupiah per-orang.

Untuk mencapai Punthuk Setumbu, penanda utamanya adalah Candi Boroudur. Tenang saja, menemukannya bukanlah perkara yang sulit sebab sudah ada petunjuk arah menuju Punthuk Setumbu. Gampangnya, dari depan Taman Wisata Candi Borobudur cari jalan yang menuju Hotel Manohara, kemudian lurus saja terus ke arah perbukitan Menoreh.

Punthuk Setumbu, Karangrejo

Usahakan datang di waktu pagi hari sebelum waktu subuh agar tidak kehilangan kesempatan untuk melihat matahari terbit di Punthuk Setumbu. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00, lalu anda bisa menuju ke lokasi pos sekitar jam 05:30 pagi. Pada momen ini Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dihiasi kabut tipis.

Baca kisah travel menarik lainnya di Reservasi.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini