Sukses

Ini 3 Kota Tujuan Mudik Terlaris Jelang Lebaran

Tiket kereta api untuk kota-kota berikut ini paling cepat habis dibandingkan kota lain, saat arus mudik tiba.

Liputan6.com, Jakarta Geliat pemburuan tiket kereta api untuk mudik lebaran sudah bisa dirasakan beberapa hari terakhir. Ternyata pada hari-hari awal pembukaan tiket mudik, ada kecenderungan untuk kota yang menjadi tujuan terfavorit. Tiket kereta api untuk kota-kota ini pun paling cepat habis dibandingkan yang lain.

Gaery Undarsa, Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com mengatakan, tiket kereta api yang paling dicari pemudik lebaran adalah untuk tiga kota, Bandung, Cirebon, dan Yogyakarta. Kecenderungan ini biasanya sama setiap tahunnya.

"Tiket untuk rute ke tiga kota itu selalu paling cepat habis. Kalau Bandung cenderung stabil, tetapi Cirebon benar-benar mengalami peningkatan, entah apa karena banyak orang Cirebon di Jakarta atau dari sana banyak moda transportasi lainnya menuju kota-kota lainnya," kata Gaery di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Sementara untuk kota besar lain di Jawa seperti Surabaya, permintaan tiket menjelang mudik lebaran tidak terlalu melonjak signifikan. Menurut Gaery ini mungkin dikarenakan kota tersebut lebih banyak untuk tujuan bisnis, sehingga tidak terlalu banyak mengalami peningkatan saat arus mudik.

Gaery menuturkan, lonjakan pemesanan tiket kereta api sudah terlihat terutama sejak H-90 arus mudik. Sejak pemesanan kereta api mudik dibuka 28 Maret 2016 yang lalu, peningkatan traffic yang masuk ke Tiket.com sudah terlihat signifikan.

"Kenaikannya lebih dari 3 kali lipat dari traffic biasanya. Customer service kami pun kebanjiran telepon terutama pada tengah malam," kata Gaery.

Ia menjelaskan, jika biasanya telepon yang masuk dalam sehari paling tinggi 1.500 telepon. Maka untuk pemesanan mudik, pukul 00.00 saja sudah ada 800 telepon. Dalam sehari bisa 3.000 sampai 4.000 telepon. Kendati demikian, Tiket.com tidak melayani pemesanan lewat telepon supaya adil untuk setiap penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.