Sukses

2 Kata Terlarang Saat Berkenalan Lewat Kencan Online

Banyak orang gagal mendapatkan pasangan idamannya melalui kencan online karena cara yang salah saat berkenalan.

Liputan6.com, Jakarta Kencan online menjadi alternatif bagi para lajang untuk mendapatkan jodoh. Namun banyak pula orang yang gagal mendapatkan pasangan idamannya melalui kencan online.

Founder dan CEO situs kencan online Setipe.com, Razi Thalib, mengatakan, salah satu penyebab seseorang gagal mendapatkan pasangan idamannya adalah ketidakmampuan membuat impresi yang baik saat awal berkenalan.

"Ada pengguna yang sudah dapat match (seseorang di kencan online) tetapi setelah mengirimkan pesan ternyata tidak dibalas-balas. Ini pasti ada yang salah dari cara dia mengirimkan pesan pertama," kata Razi kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Berdasarkan data dari Setipe.com, 90 persen pengguna kencan online mengirimkan kata-kata yang sama untuk pesan pertamanya. Kata-kata itu adalah "salam kenal". Padahal kata itu akan menyulitkan orang yang menerimanya.

"Salam kenal itu kan bukan pertanyaan, yang mau jawab juga bingung. Paling jawabannya apa, salam kenal juga? Setelah itu, selesai, percakapan tidak berkembang," ujar Razi.

Salam kenal pun menjadi kata-kata yang paling banyak digunakan para pengguna kencan online. Sebanyak 90 persen kata untuk membuka percakapan dalam kencan online di Indonesia adalah salam kenal dan dijawab dengan salam kenal juga.

Agar percakapan berjalan dengan lancar, pastikan untuk mengajukan pertanyaan terbuka yang tidak memancing jawaban iya atau tidak. Caranya adalah dengan melihat profil calon pasangan dan cari hal yang menarik kemudian cobalah bahas.

Razi mencontohkan, ketika calon pasangan menyebutkan di profilnya ia gemar menonton. Maka cobalah tanyakan, "Apakah menurut kamu menonton di kencan pertama adalah ide yang baik?" bukan "Kamu suka nonton, ya?"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.