Sukses

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sistem Kebut Semalam

Liputan6.com, Jakarta Belajar memang menjadi hal yang paling sulit dilakukan, apalagi jika kamu seorang anak yang aktif di ekskul maupun organisasi kesiswaan. Padahal belajar sangat penting dilakukan, terutama menjelang ujian dan demi mendapatkan hasil yang memuaskan. Lalu, bagaimana memiliki kemauan belajar yang kuat?

Hal paling penting adalah ubah kebiasaan kamu menunda waktu belajar. Kebiasaan pelajar yang masih melekat adalah belajar di waktu yang berdekatan dengan ujian atau lebih populer belajar dengan sistem kebut semalam.

Sistem kebut semalam memang menjadi kebiasaan yang tidak boleh dipelihara, karena bisa membuat Anda menjadi lelah dan susah berkonsentrasi saat belajar. Daripada melakukan sistem kebut semalam lebih baik ikuti cara ini:

1. Buatlah Jadwal Belajar

Membuat jadwal untuk rutinitas kamu menjadi hal wajib, agar kamu memiliki time keeper untuk aktivitas. Jangan lupa, masukkan pula jadwal untuk belajar minimal satu jam setiap harinya. Perlu diingat, jadwal yang sudah dibuat harus diikuti. Motivasilah diri kamu untuk mengikuti jadwal yang sudah dibuat.

2. Istirahat yang Cukup

Setelah belajar di sekolah, biarkan tubuh kamu istirahat sejenak. Tidur yang cukup atau bermain bisa membuat tubuh dan pikiran kamu kembali segar. Setelah itu, kamu bisa mulai belajar dari pelajaran yang paling sulit karena pikiran yang segar bisa menyerap pelajaran lebih dalam lagi.

3. Rapikan Catatan

Sebelum mulai belajar, rapikan dulu catatan Anda. Tulis kembali hal-hal yang penting dan buatlah seringkas mungkin. Anda juga bisa mengubahnya menjadi mind mapping yang unik agar bisa lebih mudah dan cepat memahami setiap pelajaran.

4. Latihan Soal

Selain merapikan catatan yang sudah dibuat, jangan lupa untuk latihan soal juga, supaya kamu makin memahami pelajaran yang sulit dimengerti. Jika kesulitan mengerjakan latihan soal, kamu bisa membuat kelompok belajar untuk mendiskusikannya atau masukkan daftar pertanyaan untuk konsultasi ke guru.

5. Pilih Bimbingan Belajar yang Tepat

Persiapan yang satu ini tidak boleh dilupakan, pilihlah bimbingan belajar yang siap untuk memberikan kemudahan kamu dalam belajar. Bimbingan belajar yang memiiki pengalaman dan kualitas terbaik selama 33 tahun bisa menjadi pilihan kamu untuk mempermudah pemahaman pelajaran Anda.

Klik di sini untuk menjadi bagian Smart Generation dan mewujudkan mimpi masuk perguruan tinggi favorit.

(*)

Tragedi Kabut Asap
Loading