Sukses

6 Gedung dengan Arsitektur Menawan di Belanda

Liputan6.com, Jakarta Belanda merupakan negara yang memperhatikan tata kotanya dengan sangat serius. Gedung misalnya, selain dibangun untuk memenuhi fungsi praktis, gedung-gedung di Belanda juga dibangun untuk memenuhi fungsi estetis ruang kota. Tak heran jika berkunjung ke negeri van oranye ini, Anda akan menemukan banyak gedung dengan arsitektur yang menawan.

Tim Liputan6.com telah memilih 6 gedung di Belanda dengan arsitektur paling menawan. Seperti dilansir dari Holland.com, Senin (13/7/2015), berikut ke-6 gedung tersebut.

The Blob Eindhoven

foto: Holland.com
Dibangun di pusat kota tua Eindhoven, bangunan dengan arsitektur menawan ini terlihat paling mencolok dibandingkan dengan berbagai bangunan yang ada di sekitarnya. The Blob dirancang oleh arsitek Italia bernama Massimiliano Fuksas, dengan memadukan struktur baja dan kaca, yang terhubung ke pusat perbelanjaan The Admirant. Keberadaan The Blob dengan arsitekturnya yang menawan, menegaskan citra Eindhoven sebagai kota yang merangsang desain eksperimental.

Tuschinski Theater Amsterdam

foto: Holland.com
Tuschinski Theater Amsterdam dianggap sebagai salah satu bioskop paling indah di dunia. Setiap pengunjung yang baru pertama kali melihat gedung ini pasti akan tertegun melihat keindahannya, pasalanya gedung dengan arsitektur menawan ini dilengkapi dengan ribuan lampu listrik, marmer, jendela kaca patri dengan sentuhan seni yang eksotis. Dibangun dengan tujuan awal sebagai gedung bioskop, bangunan bergaya artdeco ini ternyata mampu mengibur orang yang melihatnya.

Groninger Museum

foto: Holland.com
Museum ini dibangun oleh arsitektur berkebangsaan Italia bernama Mendini. Museum yang berisikan berbagai koleksi karya seni, seperti porselen, desain, lukisan, dan karya fotografi ini dilengkapi dengan 4 paviliun, dengan menara berwarna keemasan. Desain bangunannya yang menawan, kerap menjadikan Groninger Museum sebagai tempat bersantai dan beristirahat yang nyaman.

Van Nellefabriek

foto: Holland.com
Bangunan menawan ini telah didaftarkan sebagai salah satu bangunan Warisan Dunia UNESCO pada 21 Juni 2014. Dengan bantuan kaca dan baja yang menjadikannya cahaya berkilauan, Van Nellefabriek dinyatakan sebagai ikon modernisasi Belanda. Di awal keberadaannya, Van Nellefabriek difungsikan sebagai pabrik teh, tembakau, dan kopi. Yang menjadikan bangunan ini menarik adalah kawasan ini tetap terjaga menjadi pusat bisnis yang ramai, sesuai dengan tujuan utama bangunan ini didirikan.

Cube Houses Rotterdam

foto: Holland.com
Salah satu ikon Rotterdam adalah rumah kubik. Telah banyak dibangun sejak tahun 1900-an, dengan menggunakan batang pohon. Piet Blom merupakan seseorang yang telah memperkenalkan konsepnya tentang rumah kubik. Dirinya telah merancang sebuah desa di dalam kota yang semuanya menggunakan rumah kubik sebagai hunian. Alhasil, pemandangan arsitektur indah ini masih bisa dilihat hingga saat ini di Belanda.

EYE Amsterdam

foto: Holland.com
EYE Museum merupakan satu-satunya museum di Belanda yang didedikasikan khusus untuk film dan seni gambar bergerak lainnya. Museum ini telah menunjukkan betapa pentingnya film sebagai karya seni, hiburan, dan warisan budaya. Respek terhadap dunia fil di Belanda, museum ini selain menawarkan berbagai pameran, juga memberikan kesempatan pendidikan kepada anak-anak muda dan orang dewasa. Dibuka mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 02.00 dinihari di akhir pekan, museum ini tidak hanya memiliki fungsi praktis, tapi juga memenuhi fungsi estetisnya sebagai bangunan gedung yang membuat orang berdecak kagum.

(ibo/igw)

 

Pesan Kartika Affandi untuk Perempuan Indonesia
Loading