Sukses

Melihat Upacara Melasti di Danau Sei Ladi Batam

Begini uparaca Melasti menyambut hari raya Nyepi di Batam.

Liputan6.com, Batam Ratusan umat Hindu di Batam melakukan upacara Melasti di danau Sei Ladi pada Kamis (19/3/2015). Acara ritual penyucian ini digelar dengan khidmat. Prosesi dimulai dengan iring-iringan sesajen dari Pura Mitra Batam menuju Danau Sei Ladi.

Dimulai pukul 17.00 WIB, upacara ini dipimpin oleh I Wayan Catra Yasa. Upacara Melasti yang merupakan ritual menjelang Hari Raya Nyepi ini diisi dengan kegiatan memandikan benda pusaka. “Upacara ini bermakna pembersihan diri manusia dan alam semesta, baik lahir maupun batin,” jelas I Wayan Catra Yasa.



Upacara itu kemudian berlanjut dengan Tawur Agung Kesanga yang bermakna membersihkan Buana Agung (Alam semesta dan segala isinya) serta Buana Alit (diri manusia). Usai Twaur Agung Kesanga dilakukan, ritual pawai ogoh - ogoh dimulai dari halaman Pura Amertha Bhuana menuju Danau Sei Ladi dan kembali ke Pura.



“Acara Taur Agung Kasanga merupakan rangkaian acara Bhuta Yadnya, dan pawai ogoh- ogoh yang merupakan boneka-boneka besar adalah perumpamaan mahluk seram sebagai simbol kejahatan yang kemudian di bakar," tandas I Wayan Catra Yasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini