Sukses

Tips Kecantikan Era Edwardian: Gunakan Sampo 3 Minggu Sekali

Kondisi pengetahuan & teknologi mempengaruhi cara merawat kecantikan pada satu tempat di suatu era. Bagaimana tips kecantikan era Edwardian?

Liputan6.com, London Seiring dengan bertambahnya pengetahuan dan berkembangnya teknologi, dunia kecantikan pun semakin maju dengan berbagai produk dan prosedur kecantikan yang canggih. Memang menarik untuk mengikuti perkembangan dunia kecantikan dalam sejarah peradaban manusia.

 

Sejak zaman dahulu, tiap kebudayaan di satu wilayah menghasilkan konsep kecantikannya sendiri, termasuk juga cara merawat kecantikan itu. Pada era peradaban tertulis, cara-cara tersebut kemudian didokumentasikan.

 

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk Jumat (9/5/2014), sebuah buku berisi tips kecantikan yang ditulis pada era Edwardian diunggah di situs archive.org, sebuah situs non-profit yang didirikan tahun 1996 dengan slogan `Universal Access to All Knowledge`. Buku yang diunggah itu berjudul `In Health and Beauty Hints`. Buku ini ditulis oleh seorang wanita bernama Margaret Mixter pada tahun 1910.

 

Perawatan Kulit Wajah

Pada buku tersebut, Margaret Mixter menekankan pentingnya menjaga kulit tetap kencang, khususnya kulit bagian wajah dan leher. Massage dan berbagai minyak atau krim direkomendasikannya dalam buku tersebut.

 

“Adalah fakta yang perlu diingat bahwa kulit wajah akan mengendur seiring dengan bertambahnya usia. Jadi semua otot wajah harus di pijat untuk mencegah pengenduran tersebut,” tulis Margaret di buku itu. Buku-buku ini dilengkapi dengan foto-foto hitam putih yang menampilkan seorang wanita berpakaian putih memperagakan cara-cara merawat diri sebagaimana ditulis Margaret.

 

Untuk perawatan malam hari, Margaret merekomendasikan campuran minyak almond, white wax, lanoline, air elderflower, witch hazel, dan wax yang terbuat dari spema paus. Campuran tersebut diaplikasikan ke wajah dengan pijatan untuk mengencangkan kulit wajah. Pijatan yang kuat dilakukan untuk menghancurkan lemak di wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perawatan Rambut

Perawatan Rambut

Mengenai perawatan rambut, Margaret menghindari prosedur perawatan yang berlebihan. Dalam 3 minggu, seseorang hanya disarankan untuk menggunakan sampo sebanyak 1 kali. Margaret menulis bahwa sinar matahari memberikan warna dan kekuatan pada rambut. Mengeringkan rambut dibawah sinar matahari adalah hal yang ideal menurutnya.

 

Tulis Margaret “Matahari adalah hal yang sangat penting bagi rambut dan adalah hal yang salah untuk mencuci rambut di hari yang berawan atau lembap”. Lebih lanjut tentang rambut, Margaret menekankan bahwa menyisir rambut sebelum tidur adalah kewajiban.

 

Margaret menulis “Mustahil bagi seorang perempuan dapat memiliki rambut indah jika ia tak menyisir rambutnya sebelum tidur”. Untuk mendapat rambut panjang dan indah, Margaret memberi saran untuk menyisir rambut minimal 20 tarikan sebelum tidur.

 

Tips-tips yang diberikan oleh Margaret memang aneh untuk ukuran zaman ini. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan perkembangan teknologi secanggih zaman ini. Era Edwardian yang menjadi latar terbitnya buku ini merupakan era di mana Raja Edward VII memimpin Inggris.

 

Berbeda dengan ibunya, Ratu Victoria, yang sangat eksklusif dan jauh dari masyarakat, Raja Edward adalah pemimpin yang dekat dekat orang-orang kaya dan fashionable di Inggris saat itu. Raja Edward sangat menyukai traveling dan mengikuti perkembangan seni dan fesyen Eropa.

 

Lihat isi buku selengkapnya di https://archive.org/details/healthbeautyhint00mixt

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.