Sukses

Sukses Bisnis Kue, Bocah 13 tahun Tampil di Sampul Majalah TIME

Sukses di usia muda dengan bisnis kue, Fraser yang kini berusia 13 tahun jadi sampul Majalah Time.

Liputan6.com, London Seorang anak sekolah di Inggris mengecap manisnya kesuksesan di Amerika dengan tampil di sampul majalah Time for Kids Magazine yang memiliki pembaca 8 juta orang. Semua ini bermula dari sesep kue Fudge dari sang kakek, seperti dilansir dailymail.co.uk Senin (5/5/2014).

 

Mandiri untuk membiayai sebuah trip yang diadakan sekolah, Fraser Bawtree memutuskan untuk membuat fudge dari resep yang diberikan oleh kakenya dan menjual kue buatannya itu. Sukses dengan penjualan itu, Fraser Bawtree mengambil langkah untuk membuat perusahaan pada usia 11 tahun.

 

Menginjak tahun pertama, perusahaan itu menghasilkan total penjualan sebesar 13.000 poundsterling (sekitar 252 juta rupiah). Tahun ini, setelah mempekerjakan manajer marketing dewasa, total penjualan meningkat jadi 40.000 poundsterling (sekitar 777 juta rupiah). Online shop yang didirikannya mendapat pesanan dari berbagai penjuru dunia, mulai dari Amerika, Jepang, dan seluruh Eropa.

 

Ayah Fraser, Tim, mengatakan bahwa resep fudge yang digunakan Fraser adalah resep yang diberikan oleh kakek Fraser saat Fraser masih sangat muda. “Pada waktu luangnya, ayah saya suka membuat kue dan sering mengajari Fraser cara membuat biskuit, selai, dan fudge. Resep itu adalah resep fudge Scotlandia,” ucap Tim yang ayahnya merupakan seorang guru fisika, meniggal 8 tahun lalu di usia 66 tahun.

 

Fraser yang tinggal di Cheltenham mengatakan bahwa tampil di sampul majalah Time adalah sebuah kehormatan. “Aku sangat bangga dapat mencapai sebuah goal. Hal ini benar-benar meningkatkan kepercayaan diri. Aku ingin terus membangun bisnis ini. Suatu pengalaman bisnis yang riil bergerak dari pembuatan fudge di rumah ke sebuah pabrik khusus,” ucapnya.

 

Fraser harus berjuang di pendidikannya karena menderita Dyslexia. Namun hal ini tak membendung impian bisnisnya. “Menderita dyslexia, diriku mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas sekolah. Membuat kue adalah cara untuk merelaksasi diri. Melakukan perhitungan biaya dan margin keuntungan melatih kemampuan matematik”.

 

Bocah laki-laki yang kini berusia 13 tahun ini mengatakan “Aku memang selalu menikmati proses membuat kue, terutama kue-kue yang manis.” Fraser yang diundang oleh celebrity chef, Jamie Oliver, untuk menampilkan karyanya di BIG Feastival melakukan bisnis ini dengan sungguh-sungguh. Semua keuntungan yang dihasilkan, ia masukkan kembali ke roda bisnis. Diversifikasi produk juga dilakukan oleh bisnis Fraser. Kini Fraser juga merambah ke pembuatan raisin, permen, mashmallow dan gift packages.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.