Sukses

Just Room Enough Island, Pulau yang Hanya Seukuran Satu Rumah

Just Room Enough Island, sebuah pulau yang di atasnya hanya berdiri sebuah rumah.

Liputan6.com, Ontario Tinggal di sebuah pulau dan menikmati ketenangan hidup seorang diri ternyata bukanlah sekedar mimpi. Anda dapat mewujudkannya dengan tinggal di sebuah rumah yang berdiri di atas sebuah pulau berikut ini.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Minggu (4/5/2014), Just Room Enough Island adalah satu-satunya pulau yang di atasnya hanya berdiri sebuah rumah.

Pulau yang di atasnya berdiri sebuah rumah unik ini terletak di perbatasan Kanada-Amerika serikat di atas sungai St. Lawrence Timur di Ontario. Pulau ini menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentunya mereka yang ingin mengunjungi pulau ini harus naik sebuah kapal boat karena letaknya yang benar-benar berada di tengah air.

Just Room Enough Island ini dinamakan persis seperti keadaannya. Pulau ini merupakan pulau terkecil dari 1.864 kepulauan terkenal di kawasan Amerika Serikat.

Pulau ini merupakan bagian dari kepulauan Thousand Island. Just Room Enough Island memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Amerika Serikat tentang pengakuan sebuah wilayah menjadi sebuah pulau, yaitu: berada di atas permukaan air selama kurun waktu tertentu, memiliki luas lebih dari satu kaki persegi (0.093 meter persegi) dan memiliki sekurang-kurangnya satu pohon yang hidup.

Just Room Enough dibeli oleh keluarga Sizeland di tahun 1950-an. Mereka membeli sebidang kecil tanah dengan harapan memiliki tempat untuk menjauh dari keramaian dan hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Mereka pun menginginkan sebuah tempat yang tidak mudah diakses orang lain agar mereka bisa bersantai dan akhirnya mereka mendapatkannya.

Lebih lanjut, pulau yang berukuran hanya beberapa meter lebih besar dari ukuran bangunannya ini kini menjadi salah satu pulau terpopuler yang banyak dikunjungi wisatawan. (Ars/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini