Sukses

Kolaborasi Matahati Ceramics dan Mahasiswa UMM, Cara Unik Perkenalkan Seni Keramik ke Publik

Pada saat pameran berlangsung Matahati Ceramics juga menawarkan diskon hingga 70 persen untuk berbagai produknya.

Liputan6.com, Malang - Studio kesenian keramik di Kota Batu, Matahati Ceramics baru saja menyelenggarakan pameran seni keramik bertajuk To You My Friends yang bertemakan persahabatan. Pameran berlangsung selama 4 hari yakni pada 19 sampai 22 Agustus 2023 bertempat di studio Matahati Ceramics yang beralamat di Jl. Wastu Asri, Junrejo, Kota Batu.

Pameran tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Matahati Ceramics dan juga Crewtifox sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pameran ini juga di support dan menjalin kolaborasi bersama Mera Coffee Shop, yang menyediakan makanan dan minuman bagi para pengunjung.

Menurut perwakilan kelompok Crewtifox Aliya Mega Rahmatika, pameran ini sebagai sebuah bentuk pemaknaan lebih dalam terhadap arti kata persahabatan. Persahabatan yang dimaksud adalah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada siapapun yang telah dan akan berkolaborasi dengan studio Matahati Ceramics dalam arti luas.

“Siapapun bisa berkarya, siapapun bisa berekspresi, siapapun bisa membuat karya seni,” ujarnya.

Pameran ini juga diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi hasil karya peserta dalam kegiatan pottery class sebelumnya yang telah diadakan di berbagai coffee shop di Malang Raya seperti Mahboen Coffee, Arbanat, dan juga Kotask. Karya-karya peserta pottery class tersebut dipamerkan khusus di salah satu ruangan studio Matahati Ceramics.

Karya yang dipamerkan pun sangat beragam. Tak hanya karya peserta pottery class sebelumnya, pengunjung juga disuguhkan dengan ornamen-ornamen pameran yang dapat dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable.

Pengunjung yang hadir dalam pameran ini pun beragam mulai dari anak-anak hingga dewasa dari berbagai daerah di Malang Raya maupun luar kota. Terhitung jumlah pengunjung yang datang pada pameran tersebut mencapai ratusan orang sejak hari pertama hingga penutupan pameran pada Selasa, 22 Agustus 2023 pukul 18.00 WIB.

Antusiasme pengunjung pameran bukan tanpa sebab, pasalnya pameran dibuka untuk umum secara cuma-cuma (gratis) bagi siapa pun yang ingin berkunjung dan melihat-lihat berbagai karya kesenian keramik yang ada.

Pada saat pameran berlangsung Matahati Ceramics juga menawarkan diskon hingga 70 persen untuk berbagai produknya.

Selain itu, pameran ini juga menawarkan pengalaman yang seru dan juga menarik dengan mengadakan workshop pottery class bagi pengunjung yang tertarik untuk membuat kerajinan keramik secara langsung pada hari kedua dan ketiga pameran. Peserta pottery class dibebaskan untuk bereksplorasi membuat karya apapun yang mereka mau namun tetap dibimbing oleh para instruktur Matahati Ceramics.

Hasil karya peserta pada kegiatan ini nantinya akan diproses ke tahapan berikutnya seperti pengeringan, pembakaran hingga proses pengecatan dan akan dikirimkan kepada peserta jika karya yang dibuat sebelumnya sudah selesai diproses.

Dengan adanya pameran tersebut, diharapkan dapat meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat mengenai kesenian keramik.

“Pameran ini salah satu langkah untuk mengenalkan kesenian keramik kepada masyarakat luas bahwa seni keramik bukanlah seni yang monoton sebagai benda saja, namun lebih dari itu seni keramik juga sarat akan makna dan keindahan estetika,” ucap Selly Kurniawan, koordinator kelompok Crewtifox.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.