Sukses

10 Makanan Ini Selalu Muncul Saat Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan memang selalu jadi momen spesial. Apalagi, berbagai jenis makanan khas Ramadan akan kembali muncul, dijajakan di pasar Ramadan untuk menu berbuka.

Cukup banyak makanan khas yang biasanya muncul Ramadan. Mulai dari kolak, bubur sumsum, hingga aneka kue, hadir mewarnai pasar-pasar Ramadan. 

Dari sekian banyak makanan khas, berikut adalah makanan-makanan khas daerah yang selalu muncul saat Ramadan. Yuk, simak!

 

2 dari 3 halaman

10 Makanan Khas Ramadan

1. Ketan Bintul

Ini merupakan makanan yang selalu muncul di Banten setiap Ramadan. Konon, menu berbuka puasa ini sudah ada sejak abad ke-16.

Ketan bintul adalah ketan dengan taburan serundeng gurih dan berempah. Biasanya, makanan yang satu ini dinikmati dengan kuah semur, atau empal daging sapi.

2. Bubur Pacar Cina

Makanan khas Ramadan ini merupakan makanan Betawi yang terbuat dari tepung sagu. Cara membuatnya juga sederhana. 

Biji pacar cina direbus sampai matang, kemudian dicampurkan dengan olahan kuah santan, gula pasir, garam, dan daun pandan.

Biasanya, menu takjil yang satu ini disajikan dengan es batu. Ini bisa jadi solusi terbaik, terutama ketika udara sedang sangat panas.

3.Kolak

Makanan khas Ramadan ini bisa ditemukan di banyak daerah. Umumnya berisi pisang, ubi, bubur sumsum, dan biji salak.

Ternyata makanan yang satu ini berasal dari Sumatera Barat/

4. Kicak

Kicak merupakan makanan khas Ramadan dari Yogyakarta. Kuliner khas ini terbuat dari ketan yang telah ditumbuk halus, lalu dicampurkan dengan santan, nangka, dan kelapa parut.

5. Barongko

Makanan khas Ramadan yang satu ini berasal dari Makassar. Terbuat dari perpaduan pisang, telur, santan, serta gula dan garam.

Barongko biasanya dibungkus dengan daun pisang, yang membuat aromanya semakin harum.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Mi Glosor

Yang satu ini merupakan makanan khas Ramadan dari Bogor. Mi glosor terbuat dari tepung singkong atau aci dan disajikan dengan sambal kacang dan gorengan sebagai pelengkap.

Nama glosor sendiri diambil dari tekstur mie yang licin hingga mudah ditelan.

7. Putu Mangkok

Makanan yang selalu muncul saat Ramadan lainnya adalah makanan khas Riau, putu mangkok.

Kue putu mangkok terbuat dari tepung beras dan memiliki rasa manis dan gurih yang pas.

8. Kue Bingke

Kue bingke merupakan makanan khas Ramadan dari Pontianak. Ciri khas kue bingke terletak dari bentuknya yang seperti bunga. 

Makanan yang satu ini memiliki tekstur lembut. Rasanya gurih dan manis akan sangat memanjakan lidah. 

9. Toge Panyabungan

Toge panyabungan adalah minuman khas Ramadhan dari Mandailing Natal, Sumatera Utara. 

Minuman yang satu ini berisi ketan merah, ketan biasa, tape, candil, dan lupis. Semuanya dipadukan dengan santan, gula merah cair, serta cendol.

10. Bongko Kopyor

Bongko kopyor merupakan makanan khas Gresik, Jawa Timur yang selalu muncul saat Ramadan. Terbuat dari bubur mutiara, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan kuah santan, lalu dibungkus daun pisang.

Itu dia 10 makanan khas Nusantara yang selalu muncul saat Ramadan. Adakah makanan yang jadi favoritmu?

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.