Sukses

Ini Daftar Diet Sehat Rekomendasi Ahli Gizi

Diet yang tepat dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta - Diet diperlukan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Diet yang sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Selain itu, diet yang tepat juga dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Dalam diet yang sehat, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang cukup, termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Makan makanan seimbang adalah salah satu yang penting dilakukan saat menjalani diet. Tentu saja, hal itu juga dibarengi dengan menghindari makanan yang mengandung banyak gula, lemak jenuh, dan natrium.

Selain itu, penting juga untuk diingat, bahwa hasil diet selalu berbeda. Tergantung pada usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan yang dimiliki setiap orang. Dan pastikan untuk mengimbangi pola diet sehat dengan olahraga. 

Dari berbagai metode diet yang ada, berikut adalah empat metode yang direkomendasikan oleh ahli gizi, yang dilansir dari berbagai sumber. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Jenis Diet Sehat dari Ahli Gizi

1. Diet Mediterania

Diet ini fokus pada konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan, buah dan sayuran. Diet ini terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

2. Diet DASH 

Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah diet yang fokusnya pada mengonsumsi makanan kaya  serat, vitamin, dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, unggas, dan produk susu rendah lemak.

Diet ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Diet vegetarian atau vegan 

Diet ini menghilangkan daging atau semua produk hewani dari menu makan. Diet ini terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker, serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Diet rendah karbohidrat 

Diet rendah karbohidrat adalah program menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan konsumsi protein dan lemak.

Diet ini dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi risiko diabetes.

Namun, sebaiknya sebelum memulai diet tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui apakah diet tersebut cocok untuk kebutuhan individu dan bagaimana menjalankannya dengan sehat dan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.