Sukses

Mengintip 6 Kafe Unik dan Instagramable di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Bisnis kedai kopi atau kafe kekinian tengah menjamur di Indonesia. Tak terkecuali di sejumlah wilayah Jawa Timur.

Menjamurnya bisnis minuman membuat para pemilik kafe di Jawa Timur berlomba menyuguhkan konsep berbeda. Selain menjual minuman kopi hingga makanan, pemilik kafe juga memiliki konsep yang khas.

Konsep-konsep kafe unik di Jawa Timur yang digunakan pemilik sebagai upaya menarik minat para pengunjung. Memberi sensasi baru menikmati kopi di kafe menjadi kepuasan tersendiri.

Berikut rekomendasi kafe bertema unik di Jawa Timur dirangkum dari berbagai sumber:

Loe Min Toe Malang

Salah satu kafe yang berada diatas sungai, dan tempatnya masuk sedikit ke perkampungan warga, menyajikan interior jawa jaman dulu yang cukup kental. Menurut informasi semua interior disini memang berasal dari jaman dulu.

Bahkan seperti piring, gelas, yang digunakan untuk menyajikan menu kepelanggan juga sangat jadul, terdapat gelas besi dan piring bermotif tantara. Uniknya, kafe ini menyajikan penerangan ala 1990 an sehingga jika malam tidak terlalu terang. 

Harga menu di kafe ini terbilang murah mulai dari Rp 8 ribu saja. Tersedia beberapa menu gorengan seperti pisang goreng dan roti goreng. 

Suasana didalam kafe begitu hening, hanya ditemani oleh suara aliran air yang berasal dari sungai dibawahnya. 

Kafe ini buka dari jam 13.00 – 21.00 WIB. Lokasi berada di Jalan Tata Surya 2, Dinoyo, Kec Lowokwaru, Kota Malang.

Pintu Langit Prigen

Menyajikan suasana minum kopi diatas langit, salah satu kafe unik yang berada di ketinggian bernama pintu langit. Jalan menuju kafe ini harus menaiki bemo yang telah disediakan oleh mereka. 

Sebab untuk menuju kafe ini medan jalan yang curam dan sempit, bahkan bemo harus lewat bergantian karna hanya cukup untuk satu bemo saja. Suasana yang sangat dingin cocok digunakan untuk meminum kopi panas dan ngobrol bersama teman atau keluarga. 

Sementara untuk harga juga cukup terjangkau mulai dari Rp 10 ribu saja. Terdapat Restoran yang cukup terkenal yang bisa dipesan yaitu mie kober, yang viral di berbagai sosial media dengan tajuk “makan kober with view” beberapa waktu lalu. 

Kafe ini mulai buka dari jam 09.00 – 22.00 WIB. Sementara lokasi berada di Jalan Raya Tulang, Ledug, Kec. Prigen, Pasuruan.

Retrorika Batu

Kafe ini cukup terkenal karena memiliki konsep bisa berkebun. Sesuai dengan namanya konsep kafe ini adalah retro. 

Banyak sekali interior unik Seperti CD lawas, dan radio jadul, suasa dingin sangat terasa karna retrorika juga dikelilingi dengan tumbuhan tumbuhan hijau. Penyajian makanannya juga tidak jauh dari kesan retro, menggunakan gelas besi dan tempat makan tantara.

Di kafe ini, pengunjung bisa sekalian berkebun memetik bunga yang tumbuh disamping. Terdengar suara aliran air yang cukup menenangkan dari perairan yang ada di depan kafe. 

Retrorika kafe terdapat dua lantai dan cukup ramai di akhir pekan. Buka dari jam 10.00 – 23.00 yang berlokasi di Bumiaji, Kec Bumiaji, Kota Batu Jawa Timur.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kedai Tua Baru

Kafe unik selanjutnya adalah kedai tua baru yang ada di tegalsari Surabaya. Uniknya kafe ini mengusung konsep makan disini adalah open kitchen dimana kita bisa menonton apa yang sedang mereka sajikan. 

Kedai ini memiliki area outdoor dan indoor yang cukup instagramable. Tempatnya nyaman dan tenang serta memiliki sentuhan vintage.

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk berkumpul bersama keluarga. Lokasinya ada di tegalsari no.25 tegalsari, kec tegalsari kota surabaya

Titik Kumpul Pacet

Salah satu kafe dengan konsep Penjualan yang unik yaitu menyajikan banyak pilihan untuk dijual. Mulai dari grill, sate gule dan Makanan ringan yang dijual terpisah. 

Lokasinya sangat luas dan cocok sekali digunakan untuk rekreasi bersama keluarga, teman atau pasangan. Konsep tempat makannya outdoor dan kita akan diberikan kartu per orang untuk memesan Makanan, lalu membayarnya di akhir saat kita akan keluar dari area kafe tersebut. 

Tempatnya cukup tenang dan tiap meja berjarak jauh sehingga sangat nyaman. Sempat viral di tiktok beberapa waktu lalu dengan tempat yang layak dikunjungi di akhir pekan. 

Buka dari jam 10.00 – 22.00, lokasinya berada di Dusun Keramat Jetak, Warugunung, Kec Pacet, Kabupaten Mojokerto.

De Colonial Cafe Blitar

Kafe yang satu ini tak kalah unik karena mengusung tema kolonial Belanda. Memang bangunannya adalah bekas pabrik rokok pada jaman belanda dahulu.

Disini juga terdapat beberapa menu Makanan berat Seperti soto dan rawon. De colonial cafe blitar sering kali mengadakan event kecil seperti live music, mini games dan sejenisnya. 

Buka dari jam 07.00 – 23.00 dan berlokasi di jalan tanjong no.54 Kota Blitar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS