Sukses

Kisah Mistis Pendaki Gunung Argopuro, Disapa Sosok 'Dewi Rengganis'

Salah satu pendaki Gunung Argopuro di Jatim menceritakan kisah mistisnya dibangunkan sosok 'Dewi Rengganis'.

Liputan6.com, Surabaya - Gunung Argopura atau sering dieja Gunung Argopuro, merupakan salah satu tujuan para peggiat alam, yang berada di lima kabupaten di Jawa Timur (Jatim), yakni Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo Jawa Timur (Jatim).

Gunung yang mempunyai ketinggian 3.088 Mdpl tersebut, termasuk bagian dari Pegunungan Hyang, sehingga kompleks ini sering disebut Hyang-Argapura.

Kompleks Hyang-Argapura merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan Jatim. Di kompleks ini, terdapat untaian lembah sedalam 1.000 m. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis / Welirang (topografichen Dienst 1928).

Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argapoera dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argopuro diwarnai dengan legenda Dewi Rengganis, yang dikisahkan sebagai seorang putri dari Kerajaan Majapahit. Dewi Rengganis diasingkan ke Pengunungan Hyang Argopuro, karena ada kelainan di alat vitalnya.

Andre, salah satu pendaki asal Surabaya menceritakan kisah mistisnya, saat mendaki Gunung Argopuro bersama belasan rekannya, di tahun 2016 lalu.

Saat dia bersama teman-temannya nge-camp di kawasan Taman Hidup Gunung Argopuro, mereka menikmati malam terakhir di gunung dengan bercengkrama di pinggir danau Taman Hidup.

Malam pun kian pekat dan rasa kantuk sudah menggelayuti Andre. Dia pun memilih untuk beristirahat dan kembali ke tendanya. Teman-temannya akhirnya kembali ke tendanya masing-masing.

Ketika Andre berjalan sendirian ke arah tendanya, dia merasa ada yang mengikutinya dari belakang. Namun ketika menoleh ke belakang, tak ada siapa pun. Teman-temannya pun sudah tak terlihat lagi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suara Misterius

Berkali-kali dia merasakan ada yang mengikutinya, dengan jejak langkah yang begitu nyaring terdengar. Karena merasa janggal, Andre berlari menuju ke tendanya.

“Ketika di depan tenda, sosok di belakang saya terasa banget semakin dekat. Apalagi ketika membuka pintu tenda, resletingnya macet. Saya semakin panik, sosok itu pun kian dekat,” ucapnya.

Di saat sosok tersebut terasa hampir sejengkal dekat dengannya, tiba-tiba resleting tenda bisa terbuka. Andre bergegas masuk ke dalam tenda dan menutup resleting pintu tendanya.

Ketika dia tidur di samping temannya, Andre tiba-tiba mendengar ada suara perempuan yang membangunkannya. Andre mengira, teman perempuannya yang membangunkannya.

“Bangun mas..,” seperti itu suara yang didengar Andre.

3 dari 4 halaman

Dibangunkan Sosok Mistis

Sontak Andre pun terbangun. Namun dia bingung, karena temannya masih dalam posisi tidur terlelap. Awalnya dia mengira temannya hanya mengigau saja.

Dia pun kembali tidur dan menutup badannya dengan sleeping bag. Baru beberapa menit, dia kembali dikagetkan dengan suara panggilan tersebut. Andre kesal dan merasa temannya hanya mempermainkannya saja.

Ketika terbangun, dia kembali melihat temannya di posisi yang sama, tetap tidur tanpa ada suara apa pun. Bulu kuduknya pun merinding, dia sudah merasa ada hal aneh yang terjadi dengannya.

Suara panggilan itu pun kembali terjadi ketiga kalinya. Andre pun ketakutan dan tak mau bangun dari posisinya. Tak lama kemudian, dia mengintip sedikit dari selimut tidurnya.

4 dari 4 halaman

Sosok Dewi Rengganis

Ada banyak bayangan orang-orang di luar tendanya. Terdengar juga riuh keramaian seperti suasana pasar dan puluhan langkah kaki yang terdengar begitu nyata.

Keringatnya pun mengucur menahan ketakutan. Hingga akhirnya, dia bisa terlelap dan sinar mentari pagi pun membangunkannya.

"Malam itu, saya dibangunin sama sosok perempuan cantik berambut panjang,” katanya.

Sosok yang dilihat Andre, ternyata sama persis dengan cerita sosok Dewi Rengganis, yang berparas cantik, berambut panjang dan memakai gaun merah serta mahkota di kepalanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.