Sukses

Jurus Pemkot Mojokerto Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

Menurutnya, tahap pendataan yang konkrit dapat menghindari terjadinya penyalahgunaan minyak goreng oleh oknum warga

Liputan6.com, Jakarta Pemkot Mojokerto menggandeng ketua RT / RW untuk aktif dalam upaya mengatasi kelangkaan minyak goreng termasuk memantau harga jual.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan ide menggandeng ketua RT untuk pendataan hingga pendistribusian ini berawal dari pemberlakuan kembali PPKM Level 3 di Kota Mojokerto, salah satunya mencegah kerumunan warga.

"Kalau kemarin kan kami lakukan operasi pasar secara on the spot di kantor kecamatan, tapi karena ada pembatasan PPKM makanya kami aktifkan peran ketua RT ini," ujarnya dilansir Antara, Sabtu (19/2/2022).

Perempuan yang akrab disapa Ita itu menyebutkan, alasan lain melibatkan ketua RT ini karena dianggap lebih paham kondisi satu per satu warganya. Sehingga proses pendataan bisa lebih cepat dan tepat sasaran.

Menurutnya, tahap pendataan yang konkrit dapat menghindari terjadinya penyalahgunaan minyak goreng oleh oknum warga.

"Ketua RT kan tahu, warga ini kerjanya apa dan butuh minyak goreng berapa. Kalau hanya rumah tangga biasa, cukup dipasok dua liter saja, tapi kalau pelaku usaha UMKM bisa dilayani berapa pun permintaannya asalkan konkrit sesuai kebutuhan," sambung dia.

Ita menambahkan Pemkot Mojokerto Jawa Timur akan terus menggelontorkan minyak goreng dengan harga standar pemerintah sesuai kebutuhan warga dan meminta warga untuk tetap tenang dan tidak melakukan aksi borong.

Dia mengimbau agar warga tidak panik dan khawatir kehabisan minyak goreng. Dia meminta masyarakat agar membeli minyak goreng sesuai kebutuhan.

"Karena kami akan pasok terus sesuai kebutuhan termasuk kebutuhan pelaku UMKM, butuh berapapun silahkan daftar saja di posko pelayanan minyak goreng. Bisa daftar secara online atau langsung ke kantor Diskopukmperindag," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemput Bola

Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya mengatakan operasi jemput bola ke RT ini menjadi yang pertama di Jawa Timur, bahkan ada daerah lain yang akan mengikuti skema ini.

"Saya dengar Kabupaten Nganjuk juga akan ikuti skema ini pekan depan. Mungkin karena dinilai lebih efektif dan efisien, makanya mereka ambil cara ini. selain itu juga, untuk mencegah kerumunan karena saat ini seluruh wilayah Jatim sedang pemberlakuan PPKM," ujarnya.

Selain itu, ujar Ani, pelayanan posko minyak goreng bagi pelaku IKM dan UMKM juga baru ada di Kota Mojokerto ini. Sebab daerah lain, umumnya hanya melayani permintaan warga secara keseluruhan.

"Kalau untuk warga biasa tetap kita batasi satu KK maksimal dua liter, tapi kalau untuk pelaku IKM UMKM minimal 18 liter. Karena mereka lebih membutuhkan banyak dibanding yang lain," ujarnya.

Ani menjelaskan, dalam operasi yang digelar dari pagi hingga malam hari ini saja sudah ludes sebanyak 36.696 liter minyak goreng untuk seluruh warga Kota Mojokerto, baik rumah tangga maupun IKM UMKM. Jumlah tersebut sesuai data kebutuhan yang sudah di validasi di tingkat RT maupun Diskopukmperindag.

"Hingga malam hari ini transaksi minyak goreng sudah mencapai lebih dari setengah milyar rupiah. Dengan rincian, ukuran kemasan 1 liter terjual sebanyak 4.596 liter, kemasan 2 liter terjual sebanyak 26.340 liter dan kemasan 18 liter terjual 5.760 liter," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.