Sukses

Jurus Kie Art Jadikan Desa Kartun Sidareja Jadi Paru-Paru Purbalingga

Pameran "The Tree Of Life" bertujuan mengembalikan kesadaran manusia untuk menghargai dan menjaga alam.

Liputan6.com, Purbalingga - Hutan Indonesia kerap disebut sebagai paru-paru dunia, dengan luas mencapai 98 juta hektar. Sayangnya, luas hutan Indonesia terus mengalami penurunan, sehingga mengancam makhluk hidup di sekitarnya, termasuk keberlangsungan hidup manusia.

Hal ini lah yang menjadi inspirasi seorang seniman asal Purbalingga, Budi Setiyawan dalam karya-karyanya. Bertajuk "The Tree Of Life", Budi berhasil merefleksikan keadaan bumi yang semakin menua serta krisis hutan yang terjadi.

Bekerja sama dengan Kie Art Projects dalam gelaran pameran tunggal ini, Budi menggunakan teknik impasto yang dikombinasikan dengan figur manusia kartun. Ada 26 karya Budi yang dipamerkan dalam gelaran ini.

Beberapa karyanya dikelompokan sesuai makna yang ingin sang pelukis sampaikan, seperti refleksi pengorbanan pohon dan masih banyak lagi. Menurut  Budi, karyanya ini juga menggambarkan manfaat pohon bagi manusia.

"Gelombang yang dihasilkan oleh pohon ternyata mampu menetralkan suasana hati dan psikis yang memerlukan stress release," kata Budi.

Founder Kie Art Projects Slamet Santosa menyebut, pameran "The Tree Of Life" bertujuan mengembalikan kesadaran manusia untuk menghargai dan menjaga alam.

"Kesadaran akan banyaknya manfaat yang sudah diberikan pohon kepada kita" ucap Slamet.

Salah satu sudut instalasi pameran, terdapat sebuah lukisan pohon yang dilengkapi berbagai pusaka nusantara. Menurut Slamet, sudut ini ingin mengingatkan manusia akan nenerk moyang bangsa yang memuliakan alam karena telah memberikan manusia air, udara dan makanan.

Dalam sambutannya Slamet menegaskan, Kie Art Project tidak hanya sekedar menghadirkan pameran lukisan. Namun, menjadi momen refleksi manusia untuk melestarikan bumi.

Hal ini ditunjukan dengan aksi menanam 188 bibit pohon pada acara pembukaan pameran ini. Selain pameran seni, Kie Art Projects juga menjadi inisiator "Cartoon Village Sidareja" desa kartun pertama di Indonesia.

Desa ini juga menjadi salah satu sumber inspirasi Budi dalam karyanya. Bertajuk "The Singing Tree" desa ini menjadi sumber inspirasi instalasi paling menarik dalam gelaran pameran kali ini.

Pegiat Kia Art Project Gita Yohanna Thomdean menyebut keberadaan "The Singing Tree" dalam pameran ini menjadi simbol keterikatan manusia dengan pohon.

"Nyanyian pohon dari anak bangsa ini dapat menangkap nyanyian pohon, sekaligus mendeteksi kondisi iklim," ucap Gita.

Menurut Gita melalui pameran "The Tree Of Life" ini, Desa Kartun Sidareja atau Cartoon Village Sidareja ikut ambil bagian sebagai paru-paru daerah Purbalingga. Pameran "The Tree Of Life" digelar pada 16 Juli hingga 16 Agustus 2023 di Dusun Peninis RT 01 RW 01 Desa Sidaerja, Kalidondang, Purbalingga, Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.